Jual Foto di Internet Kini Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

Jual foto di internet memang sedang menjadi trend pada saat ini. Terlebih jika kamu suka fotografi dan punya banyak hasil foto yang keren.
Jual Foto di Internet Kini Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

Jual foto di internet memang sedang menjadi trend pada saat ini. Terlebih jika kamu suka fotografi dan punya banyak hasil foto yang keren. Daripada ditimbun bikin penuh memori dan hanya sebatas diupload ke sosial media, bagaimana jika kamu coba jual foto secara online?

Coba deh sekarang kamu pikirkan, bagaimana cara menghasilkan uang dari foto? Selain bisa memperoleh pendapatan tambahan, jual foto di internet bisa juga merubah profesi kamu dari fotografer pemula menjadi professional. Mantab kan?

11 Web Jual Foto di Internet

Jual foto di internet membuat banyak fotografer di luar sana sukses meraup dollar bahkan mereka sudah menjadikan sumber penghasilan utama.

Lewat web stock foto, beberapa fotografer bisa mengunggah hasil fotonya sendiri supaya bisa dilihat oleh jutaan mata calon pembeli. Saat foto sukses menarik calon pembeli, mereka akan beli lisensi untuk memakainya. Kemudian, hasil penjualannya akan dipisah untuk kamu sebagai fotografer dan web tempat foto dipasarkan. Istilah kasarnya bagi hasil.

Jual Foto di Aplikasi Apa?

Kamu mungkin pernah dengar Getty Images, salah satunya perusahaan stok gambar terpopuler. Tetapi, masih ada banyak website microstock yang lain di luaran sana yang tidak kalah keren.

Setiap web stock foto mempunyai ketetapan komisi, lisensi, dan keeksklusifan. Oleh karenanya, saat sebelum kamu jual foto di internet di salah satu web stock foto, yakinkan kamu membaca syaratnya lebih dahulu.

Kamu bisa juga memakai lebih satu web stock foto. Seperti yang mau kita share di bawah ini, seharusnya kamu bisa punya penghasilan lebih dari bermacam sumber yang lain.

Berikut referensi plaftorm stock photo dan web jual foto di internet terbaik menurut saya.

1. Getty Images

Getty Images dapat disebutkan sebagai basis stock photo yang tawarkan kualitas terbaik di internet. Basis ini benar-benar pas untuk client yang inginkan hasil photo berkualitas terbaik, hak terbatas atas gambar khusus, dan ikhlas bayar tambah mahal untuk photo yang mereka perlukan.

Karena banyak client Getty Images yang disebut wartawan, publisitas informasi, dan perusahaan media besar, dapat ditegaskan beberapa foto yang dijajakan mempunyai kualitas tinggi. Tetapi, tidak boleh terkejut jika harga lumayan tinggi.

Kelebihan Getty Images

  • Berkualitas tinggi. Karena basis ini tampilkan beberapa foto terbaik, photo kamu yang sukses termuat di sini mempunyai nilai lebih tertentu.
  • Keuntunganabilitas. Beberapa gambar yang dipasarkan di basis ini dibanderol pada harga tinggi.
  • Profesionalisme. Basis professional ini dipakai oleh photografer dan konsumen setia professional.

Kekurangan Getty Images

  • Kesempatan rendah. Susah untuk photografer baru untuk mengunggulkan fotonya.
  • Keeksklusifan. Karena ada harapan kualitas tinggi, photo kamu harus betul-betul menarik.
  • Professional. Web ini kurang pas untuk fotografer pemula.

2. Dreamstime

Di Dreamstime, kamu dapat mendapati bermacam tipe photo, dimulai dari photo berkualitas tinggi kreasi photografer professional sampai hasil bidikan camera handphone. Basis ini sebagai penyuplai khusus photo untuk Google Ads. Itu penyebabnya pecinta photo yang kamu jual di sini akan bermacam.

Dreamstime mempunyai batasan-batasan untuk beberapa orang yang jual photo online di web ini, tapi memungkinkannya kamu memperoleh keuntungan sampai 12 dolar per lisensi photo.

Apa lagi bila photo kamu terbatas untuk Dreamstime, keuntungan yang didapat dapat semakin tinggi kembali.

Kelebihan Dreamstime

  • Aksesbilitas. Siapa pun bisa mengunggah photo untuk dipasarkan di sini.
  • Kualitas. Hasil bidikan handphone bisa diunggah sepanjang mempunyai kualitas yang lumayan baik.
  • Ringkas. kamu bisa mengunggah, mengurus, dan memberinya lisensi gambar kamu secara mudah lewat program Dreamstime di iOS dan Android.

Kekurangan Dreamstime

  • Keeksklusifan. Cuman photo yang dipasarkan di basis ini yang dapat memperoleh pendapatan paling tinggi.
  • Syarat. 70% portofolio kamu harus berada di basis sepanjang minimal enam bulan.
  • Persaingan ketat. Karena telah sudah ada lebih dari 71 juta gambar, gambar kamu kemungkinan akan susah bersaing.

3. 500px

500px bukan hanya direncanakan sebagai situs stock photo, tapi juga tempat berjumpanya komune photografer professional.

Selainnya mengunggah dan jual hasil photo, kamu bisa juga ikuti photografer lain, ikut dalam dialog sekitar photografi, dan memenangi hadiah dari persaingan Foto Quest.

Kamu akan terima komisi 30% dari photo non-eksklusif yang kamu unggah dan komisi 60% dari photo terbatas untuk 500px.

Kelebihan 500px

  • Komune. Rajut rekanan dengan photografi lain, sama-sama menghargai kreasi, dan banyak belajar hal sekitar photografi.
  • Komisi. Kamu dapat jual photo online dimulai dari harga 35 dolar dengan komisi sampai 60%.
  • Pembayaran. Tiap fotografer dapat menerima pembayaran dimulai dari 25 dolar.

Kekurangan 500px

  • Pendapatan semakin sedikit. Kamu cuman akan terima 1/2 komisi dari photo non-eksklusif kamu yang terjual di web ini.
  • Listing automatis. Terkecuali bila kamu tidak menyepakatinya, semua photo yang kamu unggah akan automatis dipasarkan di Marketplace.
  • Keeksklusifan. Cuman anggota komune 500px yang dapat mengunggah photo untuk dipasarkan.

4. Alamy

Pada harga lisensi dimulai dari 19,99 dolar, Alamy menjadi satu diantara situs stock photo yang jalankan taktik "volume over nilai" dalam jual photo online.

Walau beberapa foto berkualitas DSLR lebih diterima, Alamy mengeklaim "terima semua photo yang Anda punyai" dan dikenali terima hasil bidikan camera iPhone.

Jual Foto di Internet Kini Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

Basis ini mempunyai sedikit syarat content, dasbor yang gampang dipakai, dan pilihan untuk mengunggah gambar, video, dan vektor art.

Kelebihan Alamy

  • Aksesbilitas. Kamudapat daftarkan diri sebagai photografer secara mudah dan mengunggah photo dalam bermacam kualitas di web ini.
  • Keberagaman. Selainnya photografer, karyawan inovatif yang lain juga dapat cari uang di basis ini karena terima video dan kreasi seni lain.
  • Content. Sepanjang masih juga dalam batasan lumrah, semua tipe content diterima di basis ini.

Kekurangan Alamy

  • Persaingan. Kreasi kamu akan berkompetisi dengan lebih dari 122 juta gambar, video, atau vektor art yang lain.
  • Harga. Karena harga awalnya cukup rendah, kadang photo kamu dapat terjual pada harga yang terlampau murah.
  • Kualitas. Karena terima bermacam kualitas, Alamy tidak mempunyai rekam jejak sebagai basis berkualitas tinggi antara konsumen setia.

5. Adobe Stock

Adobe banyak memiliki produk untuk design grafis seperti Photoshop, Lightroom, dan Bridge. Itu penyebabnya lumrah bila perusahaan ini mempunyai service stock photo sendiri, yakni Adobe Stok.

Karena seluruh orang yang mempunyai Adobe ID dapat terhubung stock photo di web ini dan mengunggahnya langsung ke produk Adobe yang lain, photo yang Anda unggah pasti mempunyai audience.

Selainnya karya fotografi, Adobe Stok juga menerima gambar vector, contoh, dan video.

Kelebihan Adobe Stok

  • Audience. Karena basis ini tersambung ke produk Adobe yang lain, ada audience luas yang siap terima photo kamu.
  • Integratif. Integratif hebat lewat produk Adobe dan Creative Cloud mempermudah beberapa karyawan inovatif untuk memakainya.
  • Penetapan harga yang gampang. Bila dibanding dengan basis stock photo yang lain, penetapan harga di sini lebih gampang dan terbuka.

Kekurangan Adobe Stok

  • Komisi rendah. Kamu hanya akan terima komisi sejumlah 33% dari pemasaran gambar, dan minimal 20% komisi dari gambar yang terjual ke konsumen setia tertentu.
  • Volume. Walau tersambung ke produk Adobe, beberapa photografer berasa penjualannya lebih rendah dibanding di basis stock photo populer yang lain.
  • Umur. Adobe Stok relatif masih baru di pasar, yang maknanya web ini kemungkinan berpotensi besar atau sedikit ketinggalan.

6. Shutterstock

Shutterstock benar-benar pas untuk pemula karena sediakan gambar non-eksklusif dengan nilai lebih rendah yang pas untuk dipakai sebagai stock photo.

Kebanyakan fotografer mengunggah ratusan hingga ribuan hasil fotonya di web ini untuk memperoleh semakin banyak pendapatan. Karena komisi yang didapat cuman sekitar di antara 20-30%, penghasilan kamu tergantung dalam jumlah foto yang terjual.

Jual Foto di Internet Kini Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

Walau demikian, basis ini umum dipakai dengan lebih dari 180 juta gambar, video, vector, atau bahkan juga musik.

Sebagai salah satunya web paling populer untuk jual-beli photo, tidaklah aneh jika Shutterstock sudah bayar lebih dari £500 juta ke photografer.

Kelebihan Shutterstock

  • Audience. Shutterstock benar-benar terkenal dan sering dipakai oleh beberapa orang yang cari stock photo.
  • Kualitas. Walau ada ketetapan kualitas gambar, web ini terima semua tipe content.
  • Referal. Kamu dapat menghasilkan uang tambahan sebagai afiliasi, dengan merekomendasikan fotografer lain ke platform ini.

Kekurangan Shutterstock

  • Terbatas. Berdasar data, cuman ada sekitaran 20% fotografer yang mendaftarkan ke Shutterstock yang diterima.
  • Nilai. Pada harga dan komisi rendah, kamu harus jual banyak kreasi untuk memaksimalkan basis ini.
  • Sulit. Cukup banyak photografer yang mengeluhkan jika pola penghasilan dan komisinya susah dipahami.

7. Foap

Foap mempunyai pendekatan yang lain dibanding mayoritas basis stock photo yang berada di artikel ini. Bukanlah cari photo DSLR berkualitas tinggi, basis ini justru menggerakkan beberapa fotografer pemula untuk mengunggah dan jual gambar dari camera iOS atau Android.

Walau lebih kecil dari basis yang lain, keringanan akses dan tingkat komisi 50% yang relatif tinggi dapat hasilkan keuntungan yang cukup janjikan, apa lagi bila Anda masih baru di usaha ini.

Foap bisa juga mengirim photo ke Getty, Adobe, dan Alamy hingga Anda dapat terhubung 4 basis sekalian dari 1 tempat.

Kelebihan Foap

  • Gampang dijangkau. Foap secara eksklusif direncanakan supaya gampang dijangkau oleh photografer pemula.
  • Komisi. Ada 5 langkah mendapatkan uang dengan sampai 2.500 dolar ada untuk Missions.
  • Pas untuk yang baru memulai. Harapan kualitas photo cukup rendah karena sasaran fotografer web ini ialah pemakai handphone.

Kekurangan Foap

  • Kualitas. Web ini bukanlah opsi pas jika kamu ingin jual photo khusus atau photo berkualitas tinggi di internet.
  • Nilai. Walau uang yang dapat didapat lumayan banyak, mayoritas pemakai cuman menyaksikan nilai kecil per gambar yang terjual.
  • Ukuran. Walau unggul dengan aksesnya ke basis stock photo yang lain, rasio Foap termasuk masih kecil dan audiensnya terbatas.

8. Visual Society

Jika ingin memperoleh 100% keuntungan hasil dari jual photo online kamu, Visual Society dapat menjadi salah satunya opsi terbaik. Bukanlah minta kamu share sampai 80% hasil pemasaran, basis ini malah akan pastikan kamu raih keuntungan sekitar mungkin.

Visual Society mempermudah photografer yang berada di dalamnya untuk membikin merchandise memakai gambarnya sendiri seperti cetakan kanvas, buku, gelas, dan casing handphone.

Basis ini benar-benar pas untuk kamu yang ingin menghasilkan uang dari jual photo, pada harga yang semakin tinggi per photo.

Kelebihan Visual Society

  • Komisi. 100% hasil pemasaran photo jadi punya kamu walau ada banyak ongkos pemrosesan pembayaran.
  • Merchandise. Kamu dapat memperoleh semakin banyak uang hasil dari photo sendiri dengan cetak dan menjualnya sebagai merchandise.
  • Penetapan harga. Kamu bisa juga tentukan harga sendiri di basis ini.

Kekurangan Visual Society

  • Mulai sendiri. Dengan semakin banyak setting marketplace, kamu agar terus mempromokan gambar sendiri.
  • Berlangganan. Kamu harus bayar ongkos berlangganan basis, bahkan juga saat tidak ada photo kamu yang terjual.
  • Keuntungan. Banyak pemakai Visual Society yang memberikan laporan jika penjualannya cuman hasilkan sedikit keuntungan.
Jual Foto di Internet Kini Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

9. EyeEm

Disampaikan seperti frasa "I am", EyeEm sebagai web stock photo yang diperuntukkan khusus untuk gambar dan photografi untuk maksud iklan.

Web ini memakai kepandaian bikinan untuk mengenali gambar yang mempunyai nilai komersial paling tinggi dan mempromokannya ke konsumen setia. Karena ada proses penyeleksian yang ketat ini, lumrah saja bila EyeEm ‘baru' mempunyai sekitaran 70 juta gambar.

EyeEm datang dalam program iOS dan Android untuk mempermudah unggah dan pengendalian photo yang dikirimkan. Di sini, kamu dapat jual photo online pada harga dimulai dari 20-250 dolar (tergantung pada lisensi).

Kelebihan EyeEm

  • Nilai. Gambar yang dipasarkan di web ini condong mempunyai nilai plus tinggi dibanding web lain di artikel ini.
  • Keselektifan. Dengan proses penyeleksian AI, photo terbaik kamu dapat memperoleh eksposur secara cepat.
  • Komisi. kamu akan terima komisi sejumlah 50% dan prosesnya gampang dimengerti.

Kekurangan EyeEm

  • Proses lamban. Berdasar laporan pemakai, butuh waktu sampai sebulan untuk mengevaluasi dan menyepakati beberapa photo yang dikirim.
  • Keeksklusifan. Cukup susah untuk membikin gambar kamu tercatat di EyeEm.
  • Resiko. Karena AI mempromokan gambar tertentu, ada peluang gambar kamu akan terbenam.

10. Can Stok Foto

Can Stok Foto fokus pada keringanan pemakaian dan komisi yang adil. Secara umum, kamu dapat kantongi 50% dari keuntungan pemasaran, tetapi ini dapat berbeda tergantung pada mode berlangganan pemakai.

Web ini cukup selective. Untuk tentukan apa kamu bisa jualan di website ini, kamu perlu mengirim 3 photo terbaik lebih dahulu.

Dan sesudah kamu diterima sebagai anggota, kamu akan berkompetisi dengan 70.000 fotografer  yang lain.

Web ini tawarkan program referal. Lewat program ini, kamu dapat kantongi 5 dolar untuk tiap 50 photo yang terjual dari photografer yang kamu rekomendasikan.

Kelebihan Can Stok Foto

  • Komisi. Pola komisi cukup adil, terbuka, dan gampang dimengerti.
  • Selective. Karena ada penyeleksian photografer yang cukup ketat di web ini, pesaing kamu tidak banyak.
  • Eksposur. Web ini sendiri cukup terkenal dan mempromokan gambar kamu lewat agen Fotosearch.

Kekurangan Can Stok Foto

  • Kesempatan diterima kecil. Ada peluang lumayan besar fotografer yang kurang eksper atau non-spesialis tidak diterima.
  • Pemasaran rendah. Banyak pemakai yang memberikan laporan jika jumlah pemasaran mereka benar-benar rendah.
  • UX. Penampilan web kurang nyaman untuk dipakai, dan tidak berasa lembut dan ‘mewah'.
Jual Foto di Internet Kini Menjadi Profesi Yang Menjanjikan

11. Bikin Web Sendiri

Sebagai tambahan atau alternative memakai basis stock photo yang disebut dalam perincian di atas, kamu bisa juga jual photo online di web sendiri.

Walau membuat web sendiri perlu banyak cara dan cari audience semakin lebih susah, tentu saja ada keuntungan yang dapat kamu peroleh.

Jika kamu telah mempunyai web portofolio untuk tampilkan kreasi fotografi individu, menambah halaman eCommerce ke dalamnya dapat datangkan sumber pendapatan baru.

Sepanjang kamu memakai web builder dan basis eCommerce yang pas, proses pembikinan web dan online shop jual foto di internet dapat menjadi lebih cepat dan mudah. Untuk memulai membuat web, kamu bisa membeli layanan hosting dan domain yang murah seperti di Niagahoster, karena hanya Niagahoster yang memberikan diskon sampai dengan 70%.

Kelebihan Bikin Web Sendiri

  • Kendalian. kamu dapat mengurus segala hal, dimulai dari marketing gambar dan merek, sampai taktik pemasaran.
  • Keeksklusifan. Peluang kamulah salah satu fotografer yang jualan di web.
  • Keuntungan. Tak perlu bayar komisi ke seseorang. Semua penghasilan jadi punya kamu.
  • Branding. Kamu bisa mengembangkan personal branding dengan nama web kamu sendiri.

Kekurangan Bikin Web Sendiri

  • Memerlukan waktu. Jika kamu langsung bisa unggah dan jual photo di web stock photo, membuat web sendiri akan memerlukan waktu semakin lama.
  • Ongkos. Walau memakai web builder yang murah, masih tetap ada ongkos yang perlu kamu keluarkannya untuk membikin web.
  • Audience. Kamu juga wajib mendatangkan traffic pengunjung ke web kamu sendiri dan habiskan semakin banyak waktu atau uang untuk pasarkan web.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld