Mempersiapkan Pembelajaran Online Menggunakan Canva untuk Pendidikan

Canva mengeluarkan satu feature bagus yang namanya canva untuk pembelajaran.
Mempersiapkan Pembelajaran Online Menggunakan Canva untuk Pendidikan

Canva mengeluarkan satu feature bagus yang namanya canva untuk pengajaran. Feature ini dikeluarkan agar bisa mendukung efektifitas evaluasi jarak jauh dan memudahkan aktivitas belajar mengajarkan lewat cara online.

Dengan feature dari Canva ini, pendidik bisa membuat evaluasi online kelihatan makin menarik dan membahagiakan dengan manfaatkan template yang disiapkan oleh canva.

Menyiapkan Evaluasi Online Memakai Canva untuk Pengajaran

Sebagai alat mengajarkan, Canva sediakan sarana yang dapat dicicipi dengan gratis tanpa batasan waktu. Sarana itu bisa menggerakkan terbentuknya kreasi sepanjang evaluasi.

Pendidik bisa membuat presentasi dan pekerjaan dalam bermacam-macam dan menambah beberapa komponen yang sudah disiapkan dan bekerjasama dengan siswanya.

Berikut langkah-langkah untuk menyiapkan evaluasi online yang memikat dengan Canva:

  • Membuat Account Canva Untuk Pengajaran

Saat sebelum bisa terhubung feature dari Canva ini, pendidik lebih dulu mendaftarkan account Canva memakai e-mail sekolah. Selanjutnya masuk ke canva untuk pengajaran dan isi info tentang data diri dan peranan dalam mengajarkan. Kemudian nantikan balasan dari canva lewat e-mail.

Sesudah terima balasan dari canva, karena itu feature tambahan dari canva ini bisa dipakai. Didalamnya ada beberapa template untuk membikin presentasi atau infografis. Diperlengkapi dengan juta-an gambar, komponen, contoh dan font yang dapat dipakai dengan gratis. Dari hasil project bisa didownload langsung dalam beragam pola seperti PPT, PDF, JPG dan sebagainya.

  • Membuat Kelas Online

Canva dapat membuat kelas online jadi membahagiakan. Dengan feature tambahan canva ini, pendidik bisa membuat kelas online dan menambah siswa-murid ke dalamnya. Canva yang sudah bekerjasama dengan google classroom mempermudah pendidik untuk membikin kelas online.

Untuk melakukan pertama, masuk ke account canva untuk pengajaran selanjutnya click di bagian people. Pendidik langsung bisa mengimport siswa yang berada di google classroom dalam 1x click. Atau mengundang mereka dengan masukkan e-mail masing-masing siswa. Selanjutnya pendidik bisa mengategorikan siswa dalam kelas yang berlainan.

  • Membagi Pekerjaan Untuk Kelas Online

Dalam kelas online dengan memakai Canva ini pendidik bisa lakukan evaluasi jarak jauh, memberinya pekerjaan, dan memberinya komentar dari pekerjaan itu. Siswa bisa juga kumpulkan pekerjaan dan sama-sama memberikan respon cuman pada sebuah tempat.

Untuk memberinya pekerjaan, pendidik langsung bisa membagi template pekerjaan atau materi evaluasi yang sudah dibikinnya dengan click publish.

Di bagian publish terdapat beberapa pilihan yang dapat pendidik pakai. Apa ingin mengirimi pekerjaan ke google classroom atau ke perseorangan. Pendidik bisa juga mengirimkan berbentuk link, PDF atau beragam pola yang lain dapat diketemukan pada tombol publish.

  • Kumpulkan Pekerjaan

Sebagai basis evaluasi, siswa-murid yang bergabung dalam kelas canva bisa juga langsung mengirim pekerjaannya pada sebuah tempat. Siswa yang sudah menuntaskan pekerjaan yang diberi langsung bisa mengirim pekerjaannya ke guru mereka. Triknya click sisi ‘send to teacher' yang berada pada bagian atas kanan. Kemudian click nama guru tujuan dan click send.

  • Memberinya Komentar

Dalam evaluasi biasa, pendidik akan memberinya penilaian pada kreasi atau pekerjaan yang ditangani oleh siswanya. Dengan Canva, pendidik bisa juga memberinya saran dengan menyelipkan komentar.

Triknya click pada pekerjaan itu selanjutnya click icon (+) untuk menambah komentar. Tag siswa yang diartikan lalu tambah komentar. Siswa bisa juga langsung membalasnya komentar dalam kolom ini.

Akhir Kata

Kira-kira seperti tulah langkah-langkah menyiapkan kelas online dengan canva untuk pengajaran. Basis Canva sudah sediakan bermacam sarana yang dapat dipakai untuk mendukung kreasi sepanjang evaluasi online. Dengan begitu belajar online akan berasa lebih membahagiakan.


Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld