Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran Dengan Canva

Mendekati Lebaran, salah satu rutinitas yang tidak terlewatkan adalah mengirim parsel untuk saudara atau sahabat. Biasanya kamu akan menyisipkan kartu

Biasanya saat mendekati Lebaran, salah satu rutinitas yang tidak terlewatkan adalah mengirim parsel untuk saudara atau sahabat Kamu. Biasanya kamu akan menyisipkan kartu ucapan Lebaran untuk menambahkan catatan kecil dengan memberikan sedikit pesan dan kesan buat penerima.

cara membuat kartu ucapan lebaran dengan canva

Tentunya Kamu yang lahir tahun 90'an pasti masih ingat, zaman akses internet belum secanggih sekarang, kita harus ke toko buku untuk sekadar membeli kartu ucapan Lebaran, kita bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif murah, biasanya satu lusin mereka hargai lima ribu rupiah. Tapi di jaman sekarang Kamu bisa membuat kartu ucapan Lebaran sendiri dengan budget yang jauh lebih murah dan dengan cara yang relatif mudah, salah satunya Kamu bisa menggunakan Canva untuk membuatnya. Menariknya, dengan memakai Canva, Kamu juga dapat berkreatifitas dan bereksplorasi sendiri untuk membuat kartu ucapan Lebaran yang jauh lebih menarik daripada kita membeli di pasaran.

Ada ratusan template yang bisa Kamu tentukan. Tapi jika Kamu masih merasa kurang sreg, Kamu juga bisa kok menambah atau mengganti teks, foto, warna dan stiker sesuai selera Kamu.

Desain yang telah Kamu bikin itu selanjutnya dapat Kamu download dan bisa kamu cetak sebanyak yang Kamu mau sebelum Kamu bagikan ke saudara atau sahabat Kamu. Tetapi bila Kamu cenderung memilih kartu ucapan Lebaran dalam bentuk digital, kartu ucapan Lebaran buatan Kamu juga siap dikirimkan lewat e-mail, media sosial, atau WhatsApp.

Nah, jika Kamu tertarik untuk mencoba, Kamu tinggal ikuti aja beberapa langkah mudah di bawah ini:

1. Login ke Canva

Langkah awal, membuka www.canva.com untuk mengawali membuat kartu ucapan Lebaran. Jika Kamu belum punya akun Canva, Kamu bisa sign up atau membuiat akun Canva terlebih dahulu. Tenang aja, untuk membuat kartu ucapan Lebaran di Canva itu gratis kok.

Contoh foto di bawah, saya sudah punya akun Canva, jadi saya tinggal login aja.

cara membuat kartu ucapan lebaran dengan canva

2. Tentukan template kartu ucapan Lebaran

Setelah sukses login, Kamu dapat segera memilih tipe desain kartu ucapan Lebaran yang Kamu mau. Atau jika tidak ada yang sreg dengan template yang sudah ada, Kamu dapat menelusurinya di kolom search/penelusuran lalu tuliskan kata ‘lebaran'. Nggak usah khawatir, karena Canva menyediakan ratusan ribu template desain yang siap kamu pakai dan bisa Kamu edit sesuai kreatifitasmu sendiri, dimulai dari yang resmi, casual, menawan, cerah atau professional.

cara membuat kartu ucapan lebaran dengan canva

 3. Personalisasi kartu ucapan Lebaran

Setelah selesai memilih template yang kamu inginkan, selanjutnya Kamu dituntut untuk berkreasi dalam menuliskan kata-kata yang ingin kamu tuliskan di kartu ucapan Lebaran tersebut. Yang menarik disini adalah Kamu dapat menambah atau mengganti teks, warna, gambar, background template yang Kamu tentukan. Untuk koleksi font, warna, gambar atau background, tinggal lihat aja di menu stock perpustakaan Canva.

cara membuat kartu ucapan lebaran dengan canva

 4. Menambah komponen design lainnya

Jika Kamu tidak berniat untuk mencetak kartu ucapan Lebaran, Canva juga menyediakan komponen-komponen lain yang dapat ditambahkan pada kartu ucapan Lebaran secara digital yang Kamu bikin. Misalnya Kamu akan menambahkan stiker gif, video dan suara. Untuk mempermanis kartu ucapan Lebaran, kamu juga bisa menggunakan fitur animasi untuk menggerakkan font atau foto yang sudah kamu buat.

cara membuat kartu ucapan lebaran dengan canva

 5. Download dan share kartu ucapan Lebaran

Jika design Kamu sudah dirasa menarik, Kamu dapat membagi kartu ucapan Lebaran secara online, seperti lewat sosial media atau aplikasi chat yang lain. Tetapi bila Kamu lebih berminat untuk mencetaknya, Kamu dapat memakai fitur Canva Print atau mencetaknya sendiri.

cara membuat kartu ucapan lebaran dengan canva

Kurang lebih seperti itu langkah-langkah sederhana dalam membuat kartu ucapan Lebaran dengan Canva. Dengan memakai template dan fitur-fitur yang menarik di Canva, kalian yang pengen membuat kartu ucapan Lebaran tidak perlu repot. Maka untuk pemakai yang kebingungan langkah mendesain kartu ucapan Lebaran, langsung bisa memakai Canva. Tak perlu repot dan membuang waktu untuk memikirkan ide, kalian cukup memakai template gratis kartu ucapan Lebaran yang ada di Canva. Gampang kan? Yuk dicoba!

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld