6 Rekomendasi Browser di Android TV, Nomor 2 Paling Ngebut


Hampir setiap rumah sekarang sudah nggak punya TV tabung, rata-rata sudah pada ganti yang namanya Android TV. Seperti yang sudah diketahui oleh sebagian besar pengguna Android TV, Kamu dapat menggunakan Android TV untuk melakukan streaming konten dari berbagai platform seperti YouTube, Netflix, Amazon Prime, Kodi, dan Plex. Namun, banyak yang mungkin tidak tahu bahwa mereka dapat menggunakan Android TV untuk menjelajahi web. Sayangnya, Android TV tidak dilengkapi dengan browser web apapun.

Namun demikian, ada banyak browser web khusus untuk Android TV yang dapat Kamu install langsung dari Play Store atau dengan sideloading. Jadi, jika Kamu mencari browser web untuk TV Android Kamu, tidak perlu bingung dan mencari-cari lagi karena artikel ini mengulas beberapa pilihan browser terbaik yang bisa kamu coba di rumah.


1. Puffin TV


Puffin TV bisa dibilang browser web TV Android dengan desain terbaik. Sebagai permulaan, aplikasi ini sepenuhnya kompatibel dengan semua remote control TV android dan mendukung streaming musik, dan video serta penjelajahan web. Aplikasi ini juga luar biasa dalam hal kecepatan rendering halaman berkat mesin JavaScript cepat yang dijalankannya. Selain itu, Puffin TV dapat diunduh dari Play Store Android TV sehingga mudah dipasang tanpa perlu sideloading.

Satu-satunya downside yang dapat saya pikirkan adalah biaya berlangganan berbayar. Lihat, Puffin TV gratis untuk diunduh tetapi dilengkapi dengan batas penggunaan harian Gratis. Untuk melampaui batas ini, Kamu harus membayar untuk berlangganan. Tidak seperti banyak browser TV Android lainnya yang pada dasarnya adalah aplikasi Android seluler yang dirancang ulang, Puffin TV telah dibangun untuk pengalaman menjelajah TV terbaik. Fitur pembeda yang menonjol adalah kemampuan untuk membuat kode QR di ponsel Kamu dan mengirimkannya ke TV Android Kamu sehingga tidak perlu mengetikkan URL yang panjang.


2. Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser web paling populer di dunia. Kemungkinan Kamu telah menggunakannya di platform lain; ponsel, tablet, atau laptop. Tidak diketahui banyak orang, Chrome tidak diinstal sebelumnya di Android TV, tidak seperti platform google seluler lainnya. Selain itu, Google Chrome juga tidak tersedia di PlayStore Android TV untuk diunduh langsung. Ini karena persyaratan ketat Google tentang apa yang memenuhi syarat sebagai aplikasi TV. Untuk menginstal chrome di TV Android Kamu, Kamu perlu mengunduhnya dari situs pihak ketiga dan melakukan sideload sehingga antarmuka akan mirip dengan versi seluler.

Pengalaman saya dengan Chrome di Android TV sangat tidak menyenangkan. Sebagai permulaan, tidak ada navigator overlay. Selain itu, Kamu mungkin terjebak menggulir dari waktu ke waktu, pencarian suara terkadang gagal, dan keyboard tidak muncul di lain waktu. Sisi baiknya, Kamu mendapatkan sinkronisasi Chrome yang memungkinkan Kamu memasukkan bookmark, kata sandi, riwayat penelusuran, dll dari perangkat Kamu yang lain. yang perlu diperhatikan adalah Chrome di Android TV tidak dioptimalkan untuk digunakan dengan remote TV. Kamu memerlukan mouse dan keyboard nirkabel agar chrome dapat digunakan.


3. Firefox

Firefox adalah browser desktop dan seluler lain yang sangat populer yang dapat dipindahkan ke Android TV. Ini karena tidak ada Firefox versi Android TV resmi yang tersedia di TV Play Store. Namun, ada versi khusus untuk Android TV yang dibuat menggunakan API dengan antarmuka seperti kartu dengan navigator yang dapat digulir. Untuk mencari, Kamu dapat memasukkan URL, menggunakan perintah suara, atau membuka kartu apa pun dari banyak kartu yang tersedia. Mirip dengan Chrome, Firefox di Android TV memungkinkan Kamu untuk menyinkronkan akun Firefox Kamu untuk membawa clipboard, kata sandi, dan situs web pilihan Kamu ke berKamu Kamu.

Selain itu, tidak seperti Chrome, dukungan ekstensi Firefox juga tersedia di Android TV yang merupakan salah satu manfaat intinya. Banyak pengguna Firefox di Android TV telah mencatat bahwa Firefox terasa lebih cepat di YouTube daripada aplikasi YouTube resmi, siapa sangka? Pro lain dengan chrome adalah Mozilla sangat fokus pada privasi sehingga Firefox membawa fitur tambahan untuk membuat Kamu tetap aman saat online. Fitur utama tersebut antara lain termasuk pemblokiran pelacakan, pemblokiran iklan, pemblokiran putar otomatis, dan pemblokiran cookie.


4. Jio Pages TV

Browser TV Jio Pages berasal dari Reliance Jio, raksasa Telekomunikasi India yang juga memiliki aplikasi serupa di platform seluler. Aplikasi TV Android ini dapat diinstal langsung dari Play Store TV sehingga tidak perlu khawatir tentang pemuatan samping. Perlu digarisbawahi bahwa ini adalah browser TV berperingkat tertinggi di Android TV Play Store dan gratis untuk digunakan. Jio Pages TV juga memiliki bagian khusus video kurasi dengan lebih dari 10.000 video dari berbagai kategori seperti mode, gaya hidup, film, dll.

Browser Android TV ini juga mengemas dukungan untuk berbagai bahasa daerah. Secara fitur, Kamu juga akan menikmati mode penjelajahan penyamaran yang sangat berguna, pembaca pdf bawaan, bagian berita, dan pengelola unduhan yang layak. Fitur pencarian suara terintegrasi akan memungkinkan Kamu untuk mencari web melalui perintah suara.


5. TV Web Browser

TV Web Browser adalah browser pilihan lain yang layak untuk pengguna Android TV yang fungsinya secara jelas dijabarkan dari namanya. Aplikasi ini ringan banget karena tanpa fitur tambahan apapun, hanya kebutuhan. Mungkin penggunanya membutuhkan sedikit lebih banyak dari TV Web Browser. Dengan browser TV Android ini, pengguna dapat menikmati berita, game, musik, video, dan banyak lagi.

Poin utamanya adalah aplikasi ini sudah tersedia dari Play Store Android TV secara gratis dan kompatibel dengan remote TV Kamu. Navigasi di TVWeb Browser cukup mudah. Di sisi kiri layar, Kamu memiliki mesin pencari favorit, menu pengaturan, dan bookmark. Dari segi fitur, Kamu akan menikmati riwayat penelusuran, peralihan agen pengguna, bookmark, dan pencarian suara terintegrasi.


6. TV Bro

Namanya unik kan bro? Hehe.. TV Bro adalah browser TV Android lain yang sangat berguna yang akan bekerja sangat baik dengan remote TV Kamu. Browser ini adalah open source dan bekerja dengan mesin rendering web bawaan Android (WebKit). Ini berarti Kamu memiliki akses ke kode dan Kamu dapat menggali untuk melihat cara kerjanya, dan data apa yang dikumpulkan untuk memastikannya aman.

TV Bro dapat dengan mudah diunduh dari Android TV Play Store dan dioptimalkan dengan baik untuk memiliki fitur tambahan seperti bookmark, tab, pintasan, riwayat, peralihan agen pengguna, dan pencarian suara melalui remote. Selain itu, TV Bro memiliki pengelola menu unduhan bawaan yang sangat mudah digunakan. 


Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld