7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Jualan Online Gratis



Sebagai pemilik toko online, foto tentunya sangat penting untuk kesuksesan Kamu. Sementara toko fisik memiliki keuntungan memungkinkan pelanggan untuk melihat produk secara langsung, toko online kan terbatas. Untuk menunjukkan kepada pelanggan Kamu semua yang perlu mereka ketahui tentang produk Kamu sehingga mereka dapat berbelanja sesuai yang ada di foto, Kamu harus berkomunikasi dengan mereka tentang sebanyak mungkin mengenai produk tersebut. Dan dalam kebanyakan kasus, semuanya bermuara ke foto produk, ada yang bilang fotonya nggak sesuai lah, ada yang bilang fotonya jelek lah, dsb.

Tau nggak sih, foto produk yang bagus akan meningkatkan penjualan Kamu loh, sementara foto yang sedang-sedang aja atau malah lebih buruk bikin produk kamu nggak laku di pasaran.

Selain foto produk, pemilik toko online kini juga perlu berkomunikasi di berbagai platform media sosial melalui konten digital. Itu berarti, ya, lebih banyak foto. Dari posting penjualan hingga posting yang dirancang untuk menghasilkan followers, setiap foto yang dipopsting harus memiliki kualitas setinggi mungkin. Ketika foto pertama yang dilihat calon pelanggan adalah foto yang kebetulan berkualitas rendah dan menawan, mereka mungkin nggak jadi beli, hehe.

Itulah sebabnya kenapa kamu harus menggunakan editor foto yang bagus (dan gratis) hehe.

Tentu saja, sebagian besar pemilik bisnis tidak ingin menghabiskan uang ketika mereka tidak perlu melakukannya. Dan kebanyakan dari mereka tidak punya banyak waktu untuk berinvestasi dalam mempelajari cara mengedit foto yang bagus dan foto produk secara profesional. Untungnya, jaman sekarang ada banyak banget editor foto gratis dan keren yang tersedia dan Kamupun bisa mempelajari cara menguasainya dengan relatif cepat.

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Jualan Online Gratis

1. GIMP


Setelah menjadi salah satu perangkat lunak pengedit foto gratis paling populer selama beberapa waktu, GIMP melanjutkan aturannya dengan menawarkan banyak fitur yang sama seperti Photoshop, tetapi semuanya dalam program yang sepenuhnya gratis. Mudah disesuaikan, GIMP menempatkan alat profesional di ujung jari Kamu (termasuk plugin Photoshop dan kemampuan untuk membuat dan menambahkan filter Kamu sendiri), memungkinkan Kamu membuat hampir semua hal. Bahkan jika waktu dan gairah tidak ada di pihak Kamu, masih banyak yang dapat Kamu lakukan dengan GIMP tanpa menjadi ahli dalam pengeditan foto.

2. PIXLR

Dengan kemampuan untuk mengakses Pixlr dari browser atau smartphone Kamu, editor foto gratis ini dapat membuat foto Kamu terlihat lebih profesional hanya dalam satu klik. Jauh lebih mudah daripada kebanyakan perangkat lunak pengedit foto (gratis dan berbayar), Pixlr adalah salah satu solusi terbaik bagi pemilik toko yang ingin membuat foto dan foto yang terlihat profesional – dengan cepat. Dan jika Kamu menemukan sesuatu yang memperlambat Kamu, Pixlr menawarkan banyak tutorial yang cepat dilihat dan mudah dipahami, menjadikannya salah satu perangkat lunak pengedit foto canggih yang paling tidak membuat frustrasi bagi orang-orang sibuk.


3. Photoscape X


Salah satu cara tercepat untuk mengunggah foto Kamu, Photoscape X memberi Kamu akses ke penampil foto sehingga Kamu dapat dengan cepat melihat foto Kamu sendiri - seperti foto produk yang baru saja Kamu ambil untuk toko Kamu. Pada awalnya, Photoscape X bisa terasa sedikit kewalahan, tetapi beberapa sesi pengeditan (atau tutorial video YouTube) akan membuat Kamu merasa seperti berada di rumah sendiri. Salah satu alasan mengapa Photoscape X masih menjadi pesaing utama alat pengeditan gratis adalah karena ia hadir dengan banyak filter, efek, bingkai, batas, dan gaya untuk dipilih. Kamu juga dapat memproses foto sekaligus, yang berarti menyiapkan banyak foto produk baru untuk toko Kamu tidak harus menjadi proses selama seminggu.


4. Color Cinch


Editor foto yang sederhana namun kuat, Colorcinch memungkinkan Kamu membuat desain grafis yang menakjubkan dan pemrosesan teknis foto hanya dengan beberapa klik! Dengan Colorcinch, siapa pun dapat menjadi desainer profesional dalam sekejap, berkat antarmuka yang sangat intuitif. Pengguna baru tidak memerlukan tutorial apa pun untuk membuat konversi foto yang bagus. Kamu dapat mulai mendesain dengan mengunggah foto Kamu atau memilih dari perpustakaan foto yang disimpan. Kamu kemudian dapat mengubah foto Kamu dari indah menjadi menakjubkan dengan ratusan efek khusus dan filter bertenaga AI (seperti animasi, grafik, dan lukisan). Ini memiliki koleksi built-in grafik vektor, ikon, overlay dan bingkai serta editor teks yang dapat Kamu mainkan untuk membuat konten digital apapun.


5. FOTOR


Salah satu alat pengeditan gratis paling sederhana yang tersedia untuk pemilik toko online, Fotor memungkinkan Kamu mengedit foto tanpa harus menginvestasikan banyak waktu untuk mempelajari cara menavigasi antarmuka. Fotor, editor berbasis browser, dirancang untuk memungkinkan segala sesuatu yang terjadi di komputer Kamu bekerja secara normal (perubahan kecepatan yang disambut baik bagi mereka yang terbiasa mengalami perlambatan serius saat menggunakan perangkat lunak editor foto). Namun, terlepas dari kesederhanaan Fotor, ia masih menawarkan banyak fitur serius, termasuk kemampuan untuk bekerja dengan file RAW dan serangkaian filter pintar yang komprehensif untuk Kamu pilih. Selain foto, Fotor menawarkan bantuan desain kepada pemilik bisnis yang ingin membuat kartu nama, spanduk, undangan, dan banyak lagi yang terlihat profesional.


6. Canva


Yang satu ini tentunya udah nggak asing lagi. Canva digunakan oleh banyak akun media sosial, dan juga merupakan alat yang berharga bagi pemilik toko yang ingin mengedit foto produk dengan cepat. Meskipun tidak menawarkan banyak opsi ekspor (JPG, PNG, PDF), berbagai macam template yang tersedia menjadikannya sumber daya penting bagi siapa saja yang ingin membuat konten digital. Meskipun sangat mudah digunakan, Canva memiliki beberapa fitur berbayar, yang terkadang dapat membuat desainnya membuat frustrasi jika Kamu tidak memperhatikan. Di luar potensi Photoshop, kesederhanaan Canva adalah apa yang terus membuatnya begitu populer. Canva menyenangkan untuk digunakan, yang berarti bahwa beberapa tugas kerja Kamu sebenarnya lebih mirip kreativitas di kelas seni, dan itu menyegarkan!


7. POLARR


Sebenernya website ini tidak dirancang untuk pemula, ya paling nggak Kamu udah ngerti fungsi-fungsi dasar tentang foto editing lah. Polarr adalah alat pengeditan foto gratis yang keren untuk orang-orang dengan pengalaman desain – atau yang benar-benar ingin mempelajari seluk beluk pengeditan foto. Menampilkan berbagai tools pengeditan yang lumayan canggih dan banyak tersedia filter premium, perlu beberapa waktu untuk mengenal antarmuka, memberikan pengalaman kurva belajar yang cukup. Tapi, begitu Kamu menguasainya, beberapa editor gratis dapat memberi Kamu opsi yang dilakukan Polarr. Namun, salah satu kelemahan terbesar Polarr adalah Kamu hanya dapat mengekspor satu file setiap hari, yang bisa menjadi masalah serius jika Kamu harus membuat kolase untuk toko Kamu. Tentu saja, ada versi berbayar Polarr yang menawarkan ekspor tak terbatas dan hingga filter premium. Jika Kamu meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam mempelajari cara menggunakan Polarr.

Kesimpulan

Kemudahan aplikasi pengeditan foto memungkinkan Kamu untuk secara bebas mengubah tampilan dan nuansa foto Kamu. Semakin bagus produk toko online Kamu, semakin besar pula kemungkinan pelanggan Kamu untuk membeli dan kembali lagi menjadi pelanggan setia toko Kamu. Dan ketika setiap foto di toko dan akun media sosial Kamu terlihat keren, secara tidak langsung, Kamu juga sedang mempersiapkan diri untuk meningkatkan branding.

Meskipun ada banyak editor foto berbayar (contohnya Lightroom dan Photoshop), Kamu tidak perlu menginvestasikan waktu atau duit Kamu untuk membuat foto dan konten digital yang terlihat profesional. Sama seperti kebanyakan tools di e-commerce, editor foto gratis yang tepat dapat meningkatkan branding toko online Kamu tanpa mengurangi pendapatan bulanan Kamu, iya kan?

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld