Gampang Banget! Cara Membuat Website di Canva Modal Kuota Internet


Jika Kamu punya usaha atau bisnis digital yang membutuhkan sebuah website, Kamu tidak perlu lagi mempelajari coding yang bikin pusing atau membayar harga mahal website desainer hanya untuk membuat sebuah website. Mendingan duit yang ada buat modal aja, iya kan?

Ngomong-ngomong udah setahun ini Canva meluncurkan pembuat situs web one page alias satu halaman gratis. Kamu dapat membuat situs web khusus untuk setiap kebutuhan Kamu. Dengan produk ini, Kamu dapat meningkatkan eksistensi online Kamu dalam hitungan detik. Kamu bisa memamerkan portofolio Kamu atau bikin halaman yang terlihat profesional untuk berbagai keperluan event Kamu secara instan di internet.

Banyak fitur yang akan kamu nikmati, antara lain font library, integrasi, dan fitur Canva yang sudah ada sebelumnya, itu dapat mendesain situs web dari dasbor Kamu menjadi jauh lebih mudah. Jika Kamu ingin membuat situs web sederhana, artikel ini akan menunjukkan cara membuatnya menggunakan pembuat situs web menggunakan Canva.


Fitur Pembuat Web Canva

Dengan fitur baru yang masih dalam versi Beta ini, Kamu dapat membuat situs web satu halaman sederhana tanpa memerlukan kode apa pun. Selain fitur tanpa kode ini berkat editor seret dan lepas, berikut adalah beberapa fitur lain dari pembuat situs web ini;

  • Template Satu Halaman: Dengan ratusan template yang Kamu inginkan, Kamu dapat membuat semua jenis situs web. Beberapa kategori ini termasuk portofolio, halaman acara, menu restoran, acara, dan banyak lagi. Cukup pilih satu, sesuaikan, dan luncurkan untuk memulai. 
  • Desain Responsif: Kamu tidak perlu mengoptimalkan situs web Kamu secara manual untuk perangkat dan browser lain. Setiap template telah diatur secara otomatis agar responsif terhadap perangkat apa pun. Jadi Kamu dapat melihat pratinjau situs web Kamu di desktop, perangkat seluler, atau bahkan table
  • Kolaborasi Real-time: Bekerja dengan anggota lain dari tim Kamu dan dapatkan umpan balik mereka secara real time. Ini membuat revisi lebih mudah. Kamu juga dapat bekerja sama dalam memilih warna merek, desain, font, dan elemen lainnya. 
  • Analisis: Dengan Canva Pro, Kamu bisa mendapatkan wawasan tentang seberapa baik kinerja situs web Kamu. Dari dasbor, Kamu dapat melihat lalu lintas dan keterlibatan. Ini membantu Kamu mengetahui area mana yang memerlukan pengoptimalan lebih lanjut bersama dengan apa yang berhasil.


Cara Membuat Situs Website di Canva

1. Mulailah dengan mengetik 'Situs Web' di kolom pencarian untuk melihat drop-down template yang tersediacanva-situs web.

website canva

2. Pilih template yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

3. Edit elemen di seluruh template ini – Misalnya, Kamu dapat mengubah gambar dan menambahkan tautan jika perlu.

4. Tambahkan halaman ke situs web Kamu sebanyak yang Kamu perlukan.

5. Setelah tahap ini selesai, Kamu tinggal preview situs web yang Kamu buat.


6. Di sini, Kamu dapat beralih tampilan untuk melihat tampilannya di desktop dan seluler Canva-tampilan situs web (lihat bagian kanan atas)


7. Jika Kamu perlu melakukan perubahan lebih lanjut, cukup tutup dan lanjutkan pengeditan dari dasbor Kamu.


Publikasikan Situs Web Kamu

Setelah Kamu mengklik 'Publikasikan website' untuk mempublish situs web Kamu, Kamu memiliki tiga opsi penerbitan. Kamu dapat memublikasikannya dengan domain Canva, membeli domain baru dengan Canva, atau menggunakan domain yang sudah ada.

Dengan subdomain dari Canva, Kamu harus memasukkan nama pilihan Kamu. Jadi akan terlihat seperti 'name.my.canva.site'. Sementara Kamu hanya memiliki lima domain gratis di sini. Jika Kamu ingin custom domain website dengan nama domain Kamu, sewaktu-waktu Kamu bisa mengedit subdomain Kamu dari pengaturan domain kapan saja kok.

Jika Kamu ingin membeli domain melalui Canva, Kamu harus mengetikkan domain yang Kamu kehendaki terlebih dahulu untuk mengetahui apakah domain tersebut tersedia. Jika tidak ada domain yang tersedia berdasarkan penelusuran Kamu, Kamu akan mendapatkan domain serupa sebagai saran beserta harganya per tahun. Kamu kemudian dapat mengklaim domain itu dengan mendaftar dan menyelesaikan pembayaran yang diperlukan.

Opsi terakhir adalah dengan menambahkan halaman itu ke domain Kamu yang sudah ada. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang berlangganan Canva Pro. Jika memang belum mampu untuk membeli Canva Pro, Kamu bisa kok patungan sama temen-temen kamu satu tongkrongan.

Gimana, gampang kan?

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld