Cara Menghapus Background di Pixlr Hanya Dengan Sekali Klik

Menghapus background gambar/foto itu semudah ketika kamu main game.

Cara Menghapus Background di Pixlr, Tips Edit Foto Online Gratis Tanpa Aplikasi


Bagi sebagian besar netizen akhir-akhir ini, menghapus background adalah proses editing yang wajib dilakukan, terutama dalam layering gambar atau foto untuk postingan di sosmed. Proses menghapus background ini dapat bermanfaat dalam banyak hal, kamu dapat menggunakannya untuk kebutuhan desain komunikasi visual, membuat poster atau flyer, atau kamu yang berprofesi sebagai konten kreator sekalipun. Masalahnya, banyak netizen yang belum bisa menghapus background di Photoshop, memang sih agak rumit, minimal harus tahu apa itu layer, brus, dan tools yang sering kita jumpai di Photoshop. Seperti yang kita ketahui, yang akan kita bahas kali ini adalah editor foto yang lagi nge-hits, editor foto yang keren, bukan sekedar editor foto aja sih, tapi aplikasi tersebut menawarkan banyak opsi editing tingkat lanjut.

Di zaman sekarang ini kamu tidak lagi perlu untuk menginstall aplikasi editing di laptop atau PC kamu. Kamu cukup mengaksesnya melalui website, selain mudah dan bisa diakses dimanapun kamu berada, mengakses aplikasi editing menggunakan website cukup mudah dan murah. Seperti aplikasi yang akan kita bahas sekarang ini, aplikasi editing berbasis website yang bernama Pixlr. Di tahap awal ini kita akan belajar bagaimana cara menghapus background di Pixlr, nanti jika kamu udah terbiasa menggunakan Pixlr sebagai aplikasi alternatif selain Photoshop, bukan hanya cara menghapus background di Pixlr, tetapi kita akan bahas bagaimana menggunakan aplikasi yang keren ini secara lebih lanjut.

Cara Menghapus Background di Pixlr

Mungkin kamu udah familiar dengan Remove BG, website penghapus background sejuta umat itu, tapi Background remover yang satu ini adalah salah satu fitur terbaik dari Pixlr yang dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan editing kamu. Selain itu, alat ini berfungsi di website yang memungkinkan kamu menghapus background foto dari halaman website secara langsung. Dengan kata lain, mengunduh aplikasi tidak diperlukan untuk membantu kamu menghemat waktu dan ruang memori. Selain itu, aplikasi berbasis website ini memiliki alat untuk memproses background yang kompleks dan memilih area-area yang rumit seperti rambut manusia dan bulu hewan. Dengan itu, kamu dapat memperoleh hasil yang keren menggunakan Marquee, Lasso, Wand, dan Pencil. Di bawah ini adalah langkah-langkah tentang cara menghapus background di Pixlr.

1. Akses website

Cara Menghapus Background di Pixlr

Buka browser, lalu buka situs website resmi Pixlr atau bisa kamu copy paste link berikut ini: www.apps.pixlr.com/editor/ ke kolom browser kamu. Klik editor foto Pixlr E Advanced dengan memilih opsi ini dari halaman utama. Kemudian, cara ini bisa kamu coba untuk mengakses versi gratis dari Photo Shop Pixlr E Editor.

2. Unggah file gambar/foto

Cara Menghapus Background di Pixlr

Klik tombol OPEN IMAGE dari halaman Editor foto & pembuat Desain. Langkah ini akan ini membuka File Explorer di komputer kamu. Lalu cari foto yang akan kamu hapus backgroundnya dan pilih untuk mengunggahnya ke Pixlr.

3. Hapus background gambar/foto

Cara Menghapus Background di Pixlr

Selanjutnya, centang Wand tool (ikon yang mirip tongkat ajaib) di bagian toolbar sisi kiri. Opsi ini memungkinkan kamu memilih bagian gambar/foto berdasarkan warna. Sekarang, kamu tinggal klik saja pada background gambar dan pilih piksel dengan warna yang sama di area tersebut. Tekan Hapus untuk menghapus background. kamu juga dapat memilih beberapa area dengan menahan Shift dan mengklik beberapa area menggunakan mouse kamu.

4. Simpan file yang sudah diedit.

Cara Menghapus Background di Pixlr

Agar salinan gambar background dihapus. Pada titik ini, arahkan mouse kamu ke opsi File di sudut kiri atas. Pilih Ekspor lalu pilih quick export layer as PNG. Tetapkan tujuan file dan jangan lupa ganti nama file.

Beberapa Tips Menggunakan Pixlr

Pixlr menawarkan fitur-fitur canggih yang hampir mirip dengan Photoshop yang fungsi-fungsinya masih sulit digunakan oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, jika kamu kesulitan mengerjakan gambar menggunakan Pixlr, berikut beberapa tips dan trik yang mungkin akan berguna bagi kamu yang masih awam.

1. Jangan lupa selalu cek kecerahan dan kontras fambar/foto

Menyesuaikan kontras gambar yang kamu potong akan membuatnya menyatu dengan background. Itu karena seringkali tampak kurang hidup jika tidak memiliki gambar. Meningkatkan kontras dapat membuat gambar/foto terlihat cocok dengan background barunya.

2. Gunakan Magic Wand Tool

Menggunakan Pixlr untuk menghapus background kini menjadi mudah dengan bantuan Magic Wand Tool. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memilih area dengan warna serupa pada foto yang kamu edit. kamu dapat memilih untuk mewarnai ulang area yang dipilih atau menghapusnya.

3. Feathering

Jika kamu kesulitan mengedit tepi objek yang halus, kamu harus menambah ukuran feather. Semakin kecil tepinya, semakin rumit konturnya. Tetapi semakin tinggi gradiennya, bagian tepinya akan lebih jelas yang memudahkan kamu untuk mengedit.

Seputar Cara Menghapus Background di Pixlr

Q: Bagaimana cara menghapus background transparan di Pixlr?

A: Menghapus background transparan Pixlr seharusnya mengubah background gambar dari transparan menjadi warna polos atau grafik baru. Untuk mencapai ini, tambahkan layer lain dan letakkan di bawah subjek foto asli kamu.

Q: Bagaimana cara menghapus background putih di Pixlr?

A: Menghapus background putih menggunakan alat Magic Wand. Itu dapat memilih area dengan warna yang sama dan menghapusnya secara bersamaan.

Q: Bisakah saya menghapus background kotak-kotak di Pixlr?

A: Bisa dong. Cara tercepat untuk menghapus background kotak-kotak di Pixlr adalah dengan memilih subjek. Potong area yang dipilih dan tempel ke lapisan lain. Pada saat itu, kamu dapat menyimpan potongan secara terpisah.

Cara Menghapus Background di Pixlr

Kesimpulan

Menghapus background gambar/foto itu semudah ketika kamu main game, saat menggunakan aplikasi yang tepat dan nyaman ketika kamu pakai, kamu juga akan enjoy. Dengan kata lain, dengan Pixlr menghapus background dengan cepat sambil menawarkan fitur yang mirip dengan Photoshop. Namun, misalkan kamu masih merasa sulit dan belum terbiasa untuk memahami tools-toolsnya, dalam hal ini kamu dapat pelan-pelan mempelajarinya secara autodidak.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld