Edit Video Tiga Kali Lebih Mudah Menggunakan Wondershare Filmora 11

Wondershare Filmora


Wondershare Filmora adalah aplikasi edit video yang paling bersahabat untuk konten kreator dan fitur-fiturnya cukup menakjubkan, jauh lebih keren dari yang saya kira sebelumnya. Sebenarnya banyak aplikasi edit video lain yang juga bagus, cuma masalahnya rata-rata tidak mudah digunakan dan memerlukan waktu yang lama untuk mempelajarinya karena ada segudang settingan yang bisa bikin bingung.

Tapi aplikasi edit video yang namanya Wondershare Filmora ini mampu mengeliminasi sebagian besar dari masalah-masalah tersebut, karena telah dirancang sedemikian rupa agar orang-orang yang baru belajar editingpun bisa bikin transisi keren, efek video, animasi teks dan masih banyak lagi.

Jadi dipakainya itu gampang dan sangat user friendly. Wondershare Filmora pun terdapat tambahan tools keren yang berteknologi Artificial Intelegence atau yang sering kita sebut AI, salah satunya adalah fitur auto reframe yang memungkinkan kita mengubah aspek rasio video ke dalam ukuran lain secara otomatis tanpa harus geser-geser manual untuk menempatkan ke posisinya. Yang lebih keren ada fitur Auto Beat Sync di Wondershare Filmora memungkinkan kita bikin video jedag-jedug hanya dalam beberapa menit saja walaupun kita baru belajar ngedit video. Tinggal kita import dulu semua video atau foto yang akan digunakan, terus import juga musiknya, selanjutnya tinggal setting speednya, mau cepat atau lambat suka-suka kita. Untuk efek-efeknya kita bisa setting sembarang saja, dan terakhir kita tinggal klik tombol ini lalu tunggu prosesnya.

Fitur-fitur seperti text to speech, perekam layar dan penghapus background pun sudah tersedia, tapi yang paling saya suka Wondershare Filmora memberikan kita segudang template siap pakai, jadi ngedit video itu bisa lebih mudah dan bisa lebih cepat beres. BTW, aplikasi ini juga tersedia versi hp-nya yang bernama Filmora Go dan nanti kita akan lihat juga penampakannya.


Wondershare Filmora 11


Disini kita menggunakan Wondershare Filmora 11 ya, sebelum bikin project kita bisa pilih aspek hasilnya dulu sesuai dengan ukuran video yang kita perlukan sama seperti aplikasi edit video lainnya. Kita bisa import video footage image dan audio lalu kita bisa masukin ke timeline, play headnya sendiri memiliki tombol gunting yang bisa kita gunakan untuk melakukan cutting dengan cepat dan kita pun bisa menggunakan shortcut control lebih untuk melakukan cutting tapi kalau pengen cutting lebih cepat lagi kita bisa aktifkan mode quick split lalu tinggal cutting aja di tempat yang kita inginkan.



Enaknya kalau pakai mode click split kita nggak perlu geser-geser timeline untuk ngepasin posisi cuttingnya karena ada garis pembantu yang otomatis ngikutin pergerakan mouse, juga otomatis ikut bergeser saat melakukan streaming pun lebih enak karena klip-klip selanjutnya akan otomatis bergeser kalau kita terima salah satu klip yang ada di tengah klip-klip selanjutnya pun akan otomatis bergeser. Jadi udah nggak perlu capek lainnya secara manual satu persatu, tapi kalau perlu seleksi beberapa klip tertentu lalu mau geser manual pun tetap bisa dan kalau ada celah bolong terus kita pengen dapetin tinggal klik saja dan dilihat disini celah bolongnya langsung ketutup tanpa harus geser-geser. Kalau kita pilih salah satu potongan klip yang ada di timeline terus klik tombol edit maka di bagian kiri akan diberikan banyak opsi editing dasar yang mungkin kita perlukan di sini ada transform yang sering kita perlukan kalau mau mengatur scale rotasi atau posisi Terus di bawahnya juga ada beberapa settingan lainnya seperti kompositting motion tracking chroma-key dan lain-lain.


Di bagian atasnya pun ada beberapa tab, di sini ada tab color supaya kita bisa melakukan color grading baik secara manual atau menggunakan menu LUT, tinggal pilih aja LUT yang kita suka dan warna videonya akan langsung berubah. Lalu di sini ada tab animation alias animasi keep frame, kita bisa Set key framenya secara manual atau langsung pilih aja dari preset yang sudah disediakan, presetnya tinggal di drag aja ke salah satu klip yang ada di timeline. Terakhir di sini ada tab Speed yang bisa kita pakai kalau mau bikin slow motion atau face motion, ada mode speed framingnya juga kalau kita mau mengubah-ubah speed videonya secara dinamis, bisa atur-atur sendiri atau pilih dari preset yang sudah disediakan.


Preset Templates



Salah satu fitur Filmora yang bisa ngebantu kita ngedit lebih cepat lagi adalah fitur preset templates, contohnya kalau kita mau bikin intro video keren dengan Animasi teks kita bisa masuk ke sini dan pilih template yang ingin kita gunakan. Selanjutnya tinggal drag saja ke timeline dan langsung dibikinin intro otomatis yang keren sama Filmora. Untuk teksnya, kalau mau dirubah tinggal diedit aja langsung di layar previewnya, kalau perlu stock footage dan image bebas hak cipta dari Pexel, Pixabay atau Unsplash, kita bisa langsung cari di sini, jadi udah nggak perlu buka-buka browser lagi langsung aja kita drag ke timeline dan Filmora akan secara otomatis mendownload footage-nya. Kalau udah beres downloadnya, langsung masukin ke timeline sama Filmora dan kita bisa edit lagi, untuk animasi gif dan stiker bisa langsung cari di sini karena filmora udah terintegrasi dengan Givi, terus kalau perlu background musik tinggal masuk aja ke menu audio, cuma pastikan pilih dari kategori yang free supaya bebas hak cipta. Tinggal pilih aja salah satu dan drag timeline, kalau kita salah audio klip yang ada di timeline, entah itu musik atau voice over terus kita klik edit maka di sini kita bisa atur-atur settingannya, kita bisa atur volumenya di sini dan di atas ini ada pengaturan panning, selain itu juga di sini ada banyak settingan lainnya, ada preset equalizer, ducking, auto normalization dan juga noise. Kalau mau balancing semua audio track yang ada, kita bisa masuk ke audio mixer dengan klik tombol yang ada.


Edit Transisi


Yang paling enak kalau ngedit pakai Filmora itu kita bisa bikin transisi dan video efek keren tanpa harus jago ngedit karena disini sudah disediakan banyak opsi transisi dengan animasi keren yang bisa langsung kita pakai, tinggal pilih yang kita suka lalu menuju timeline, tinggal drop saja diantara potongan klip. Kita juga bisa atur durasi transisinya, untuk nambahin Video efek tinggal masuk aja ke sini sama seperti halnya transisi di sini juga sudah disediakan banyak efek yang bisa kita pilih kita lihat dulu klip yang akan ditambahkan efek terus kita akan pilih efek dan langsung drag timeline. Kita juga bisa atur durasinya kalau perlu coba kita lihat hasilnya.


AI Portrait


Kita lihat salah satu kategori efek di sini, ada yang namanya Ai portrait. Fitur ini keren banget, contohnya disini kita akan bikin video orang lagi nge-dance, dengan fitur Ai portrait kita bisa nambahin efek keren di sekitar tubuh orangnya, lalu di sini ada menu elements yang memungkinkan kita untuk bikin motion grafik keren. Dengan lebih mudah cara pakainya pun sama dengan transisi dan efek. Untuk bikin animasi teks pun sudah disediakan banyak banget templates jadi kita nggak perlu repot-repot untuk mengatur settingan animasinya, tinggal drag aja untuk masukin, terus kita bisa edit teksnya. Jadi kalau ngedit pakai filmora kita bisa menghasilkan video keren tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mengasah skill editing.


Text to Speech



Fitur lainnya yang mungkin kalian butuhkan adalah text to speech, jadi kalau kita bikin teks di video contohnya disini kita akan bikin dua teks dan kita pengen masukin narasi tapi malas ngerekam suara, nah kita bisa pakai fitur text to speech yang ada di Filmora. Kita bisa select kedua teksnya terus klik tombol text to speech, disini kita bisa pilih bahasa yang sesuai kita tinggal pilih bahasa Indonesia. Untuk bahasa Indonesia disediakan 4 suara, 2 pria dan 2 wanita, untuk dengerin dulu suaranya kita bisa double klik. Untuk speed dan pitch suaranya tapi saya akan Biarkan saja dan klik Oke kita harus tunggu dulu prosesnya sampai beres nah di bagian ini kita bisa lihat kota karakter text to speech yang masih tersisa Oke prosesnya udah beres dan saya akan closet dengan tekstur speednya kalau sekarang kita lihat timeline di sini udah ada dua audio klip, yaitu audio text to speech yang di generate otomatis oleh Filmora, beberapa sama teksnya tapi kita bisa atur-atur lagi kalau memang perlu.

Wondershare Filmora Go



Untuk aplikasi versi hp-nya yaitu Wondershare Filmora Go memiliki segudang fitur yang mudah dipakai saat melakukan editing, nggak sebanyak fitur yang ada di versi komputer tapi tetap bisa membantu kita untuk ngedit video dan lebih mudah dan cepat dan menurut saya fitur-fitur yang ada di versi hp-nya pun sudah lebih dari cukup. Salah satu video yang saya suka adalah fitur templatenya, kita akan pilih salah satu template di sini, selanjutnya saya akan menambahkan beberapa klip video atau email sesuai instruksi di sini dan saya akan masuk ke dalam aja sesuai yang ada di HP saya setelah itu tinggal tekan di sini lalu tunggu prosesnya dan hasilnya seperti ini bisa dicoba dulu secara gratis sesuai dengan device yang kalian miliki, cuma perlu diketahui kalau versi gratisnya masih ada watermarknya, jadi memang tidak sepenuhnya gratis.

Sebaiknya sih kalian install versi gratisnya dulu dan coba-coba dulu aja fitur-fiturnya, kalau memang suka dan cocok baru nanti kalian upgrade versi yang berbayar.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld