9 Ide Edit Video Bagi Pemula Yang Wajib Kamu Coba

Jika kamu berada di fase itu, mungkin langkah selanjutnya kamu hanya membutuhkan ide seputar edit video bagi pemula untuk memulainya.
9 Ide Edit Video Bagi Pemula

Di era YouTube Shorts, TikTok, dan Instagram Reels, pengeditan video dasar adalah suatu keterampilan yang harus kamu dalami. Jika kamu membaca artikel ini, kamu mungkin sudah mengunduh aplikasi atau perangkat lunak pengeditan video untuk mengatur konten kamu atau bermain dengan efek. Jika kamu berada di fase itu, mungkin langkah selanjutnya kamu hanya membutuhkan ide seputar edit video bagi pemula untuk memulainya.

Edit Video Bagi Pemula

Jika kamu tidak memulai untuk mencobanya sekarang, mungkin kamu hanya akan menjadi penonton disaat orang-orang sudah pandai mengedit video. Berikut adalah ringkasan dari beberapa ide pengeditan video yang mudah dan keren untuk pemula.

1. Audio Visualizer

Kita semua akrab dengan sounddesigner terkenal Windows Media Player. kamu dapat membuat versi kamu sendiri untuk nostalgia, atau melakukan sesuatu yang benar-benar orisinal.

Yang kamu butuhkan hanyalah gambar atau video latar belakang, dan elemen desain yang dapat kamu sembunyikan dan pindahkan. Idealnya, editor kamu memiliki detektor ritme atau efek yang menggunakan deteksi ritme, tetapi kamu juga dapat memindahkan elemen secara manual. Berikut cara membuat elemen bereaksi terhadap audio di After Effects.

kamu dapat menambahkan apa pun yang kamu inginkan untuk membuat desain benar-benar unik. Simak apa yang dilakukan tutorial di atas oleh TechnoMafia Visuals. Mereka menggunakan efek spektrum audio After Effects untuk mendapatkan animasi, dan menyertakan visual lain seperti efek kuas, bingkai pudar, dan callout.

2. Lyric Video

Yang satu ini tidak hanya mudah tetapi bermanfaat. Akan selalu ada seseorang yang mencari lirik di YouTube. kamu dapat dengan mudah membuat video lirik dan membuatnya estetis menggunakan animasi dan font keren.

Yang kamu butuhkan hanyalah latar belakang, salinan lirik, dan mulai berbisnis. Dalam tutorial di atas oleh Olufemii, mereka menggunakan Premiere Pro dan After Effects bersama-sama untuk membuat animasi liris, yang menyederhanakan prosesnya, tetapi kamu dapat tetap menggunakan hanya satu program pengeditan.

Berkreasilah dengan font, visual latar belakang, warna, efek animasi, dan cara kamu membagi teks.

3. Animated Lower Third

9 Ide Edit Video Bagi Pemula Yang Wajib Kamu Coba

Teknik edit video bagi pemula yang ketiga adalah animated lower third. Sangat mudah untuk membuat konten kamu sendiri dan melayani tujuan untuk itu.

Sepertiga bagian bawah adalah grafik yang muncul di sepertiga bagian bawah layar, dan dapat berisi apa pun yang ingin kamu sampaikan kepada audiens kamu, seperti pegangan media sosial, berita utama, dan fakta menyenangkan. Ini dengan asumsi bahwa konten utama kamu benar-benar menghabiskan sisa ruang layar.

Lihat panduan lengkap kami untuk membuat dan memindahkan sepertiga bagian bawah di After Effects.

4. Loading Bar

Yang satu ini sangat mudah dan menyenangkan untuk dibuat. Bilah pemuatan animasi visual dapat digunakan dalam berbagai jenis konten, termasuk video meme, penyesuaian estetika TikTok, dan bahkan presentasi.

kamu dapat membuatnya dalam warna apa pun yang kamu inginkan, menambahkan teks apa pun yang kamu inginkan, atau memberikan efek kesalahan keren padanya. Idealnya, kamu harus menggunakan warna latar belakang solid yang berbeda dari warna bilah pemuatan. Ini agar kamu dapat mengimpor file ke pengeditan video lain dan menyembunyikan latar belakang. kamu bahkan dapat menggunakannya untuk intro YouTube kamu dengan teks "Unggah konten".

5. Efek Pecahan Kaca

Efek ini lebih mudah daripada yang terlihat jika kamu bisa mendapatkan layar hijau prefabrikasi yang memecahkan klip kaca. kamu dapat menemukannya di YouTube atau Instagram secara gratis, selama kamu memberikan kredit kepada pembuatnya. Temukan "layar kaca pecah hijau", maka yang harus kamu lakukan adalah mengimpor rekaman kamu dan menyembunyikan warna dalam klip.

Beberapa editor video juga hadir dengan efek semacam ini, jadi kamu tidak perlu mencari layar hijau. Misalnya, di After Effects, telusuri "smash" atau "poly pixels".

6. The Reverse Edit

Teknik edit video bagi pemula selanjutnya adalah reverse edit yaitu teknik mengedit video dengan terbalik. Teknik ini cukup simple, yang kamu lakukan hanya memotong dan mengatur ulang klip kamu dan menambahkan efek sebaliknya dari setiap klip kedua. Ini akan menciptakan gerakan bolak-balik. kamu juga dapat melakukan efek sederhana sekali maju dan kemudian sekali mundur. Animasi ini sangat cocok dengan beberapa audio TikTok populer.

Untuk membuat teknik pengeditan ini terlihat bagus, kamu harus menambahkan beberapa kecepatan, buram gerakan, nada warna, dan efek lain yang melengkapi gaya kamu.

7. Velocity

Jika kamu berada di media sosial, kamu telah melihat kecepatan. Yang kamu butuhkan hanyalah editor yang memungkinkan kamu mengedit kecepatan bidikan kamu dan menambahkan buram gerakan atau aliran visual untuk mencegahnya terlihat berombak. Setelah efek, Video Star dan CapCut mengungguli teknik ini karena mereka memiliki alat khusus untuk menciptakan kecepatan.

Ada berbagai cara untuk mencoba ini. kamu dapat menggunakan satu klip panjang sehingga berjalan dengan kecepatan lambat dan lambat, atau kamu dapat memotongnya menjadi beberapa klip dan menggunakan pengaturan perubahan kecepatan yang sama di setiap klip. Selama beberapa bagian cepat dan yang lain bergerak lambat, kecepatan telah dilakukan.

Idealnya, kamu harus menyinkronkan perbedaan kecepatan dengan suara. Berikut cara menyinkronkan video dan audio di After Effects. Efek flicker juga cocok dengan animasi ini.

8. Transmisi VSMB

VSMB adalah singkatan dari Video Star Motion Blur, tetapi efek ini tidak terbatas pada aplikasi Video Star. Bergantung pada editor yang kamu gunakan, cara VSMB mencapainya dapat bervariasi. Biasanya, ini melibatkan penggabungan semua klip kamu menjadi satu video dan menambahkan buram gerakan, atau semacam efek blur atau memutar, bermain di sepanjang jalan.

Yang terbaik adalah menggunakan gambar diam klip kamu karena selama pemutaran, buram gerakan yang intens akan mengaburkan gerakan apa pun. Tutorial di atas menunjukkan semua opsi VSMB kamu di CapCut.

9. Mata Bersinar

Teknik ini banyak kita jumpai di film anime, jika kamu mengedit video dengan seseorang atau karakter, kamu dapat membuat mata mereka glowing atau bersinar. Ada banyak cara untuk mencapai efek ini, tetapi mereka lebih sederhana daripada yang terlihat.

Tutorial di atas oleh OREKI menggunakan fitur chroma key Alight Motion untuk menyembunyikan mata, kemudian mengimpor file ke CapCut, menyesuaikan warna, dan menggunakannya sebagai overlay pada bidikan asli. Hanya itu yang diperlukan. Ini seperti menggunakan overlay layar hijau di CapCut.

kamu juga dapat membuat dan memindahkan topeng secara manual, tetapi mungkin sulit untuk menyelaraskan dengan bidikan asli jika kamu masih pemula.

Akhir Kata

Jika kamu memiliki aplikasi pengeditan video di smartphone atau komputer kamu tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan selain memisahkan dan memotong klip, ide-ide edit video bagi pemula ini adalah titik awal yang baik untuk menggunakan editor kamu secara maksimal. Semakin banyak kamu mencobanya, semakin mudah jadinya, dan segera, kamu akan melakukan pengeditan video super yang dapat kamu tampilkan di media sosial.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld