Intip Tips Mudah Pasang Set Top Box Untuk TV Analog!

pemasangan set top box untuk TV analog banyak dibicarakan di sejumlah kalangan masyarakat Indonesia
Intip Tips Mudah Pasang Set Top Box Untuk TV Analog!

Akhir-akhir ini, pemasangan set top box untuk TV analog banyak dibicarakan di sejumlah kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi lantaran siaran TV analog rencananya bakal dimatikan secara bertahap di sejumlah wilayah. Ketika siaran TV sudah dimatikan, maka hal ini menjadikan masyarakat hanya bisa menonton acara siaran TV digital saja.

Untuk bisa menonton siaran TV digital, masyarakat tidak harus membeli perangkat TV digital baru. Sebagai solusinya, kini sudah ada perangkat terbaik bernama set top box yang bisa digunakan untuk memudahkan menonton siaran TV digital. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memasang perangkat set box tersebut untuk TV analog? Bagi kamu yang mungkin masih penasaran, maka bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Kaitan TV Analog dengan Set Top Box?

Intip Tips Mudah Pasang Set Top Box Untuk TV Analog!

Seperti yang kita ketahui, bahwa TV analog umumnya merupakan perangkat televisi yang dapat menerima konten audio dan video dari sinyal analog gelombang radio FM dan AM. Itu artinya, perangkat ini tidak memungkinkan untuk menerima konten dari sinyal yang dikirimkan siaran TV digital. Oleh karena itulah, diperlukan sebuah perangkat khusus bernama set top box (STB) ini untuk bisa mengubah sinyal TV digital menjadi analog dan bisa dilihat melalui pesawat televisi konvensional. 

Dengan menggunakan set top box, maka akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena nantinya bisa ditampilkan meskipun televisi yang digunakan merupakan TV analog. Sedikit informasi penting bagi kamu, bahwa mengenai standar TV digital di Indonesia sendiri menggunakan digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2) yakni dengan koneksi menggunakan antena rumah biasa (UHF).

Sementara di dalam perangkat TV analog sendiri, tidak dilengkapi adanya perangkat DVB-T2 sehingga menjadikan perangkat ini tidak bisa menonton siaran TV digital. Maka dari itu, diperlukan adanya perangkat khusus bernama set top box ini sebagai converter dan penangkap sinyal TV digital ke dalam perangkat TV analog.

Bagaimana Cara Mudah Memasang Set Top Box Untuk TV Analog di Rumah?

Intip Tips Mudah Pasang Set Top Box Untuk TV Analog!

Secara umum, proses pemasangan perangkat set top box untuk TV analog biasanya berbeda-beda bergantung pada merek perangkat set top box yang dipilih. Akan tetapi, secara keseluruhan proses pemasangannya mudah dilakukan asalkan tahu langkah-langkahnya. Nah, bagi kamu yang sudah membeli set top box akan tetapi masih bingung dalam proses pemasangan perangkatnya, maka bisa simak langkah-langkah yang akan kita ulas di bawah ini.

Langkah-langkah Memasang Set Top Box di TV Analog

Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah memasang set top box di TV analog yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah.
  • Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu TV analog, set top box dan juga remot TV.
  • Kemudian, sambungkan kabel antena dengan alat set top box.
  • Setelah itu, kamu tinggal sambungkan kabel RCA yang berwarna merah, kuning dan putih ke set top box.
  • Berikutnya, tinggal nyalakan TV analog dan set top box dengan menggunakan remot TV.
  • Selanjutnya, Anda tinggal memilih mode AV pada TV analog dan pilih bagian menu “Pencarian Saluran”.
  • Apabila sudah selesai, kamu cukup pilih menu “Pencarian Otomatis”.
  • Terakhir, Anda cukup pilih “Simpan” dan siaran TV digital sudah siap ditonton.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kamu ketahui dan pahami mengenai tips cara mudah memasang perangkat set top box untuk TV analog. Bagi kamu yang ingin tetap bisa menonton TV di rumah dengan menggunakan TV analog, pastikan sudah memasang perangkat set top box sekarang juga.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld