Cara Upload Video di YouTube Shorts dan Tips Untuk Memulainya

Seiring berkembangnya zaman, video yang berdurasi pendek semakin diminati. Anak muda saat ini menginginkan konten pendek yang mudah dipahami.
Cara Upload Video di YouTube Shorts

Secara tidak langsung kita bisa melihat jika YouTube Shorts adalah tanggapan YouTube terhadap kehebatan TikTok, karena TikTok telah memanjakan semua penggunanya dengan video pendek yang menyenangkan dan user friendly.

Seiring berkembangnya zaman, video yang berdurasi pendek semakin diminati. Anak muda saat ini menginginkan konten pendek yang mudah dipahami. Hal ini terlihat dari konten-konten berdurasi pendek seperti Instagram Reels, Instagram Stories, atau video lainnya di media sosial. Di artikel ini kita akan membahas cara upload video di YouTube Shorts dan beberapa tips untuk mengembangkannya.

Cara Upload Video di Youtube Shorts

Cara Upload Video di YouTube Shorts

Untuk membuat Film Pendek, kamu harus login ke akun YouTube di aplikasi seluler YouTube. Kemudian ikuti langkah-langkah mudah ini:

  1. Ketuk ikon "+" Buat dan pilih Pendek. 
  2. Setelah mendarat di halaman, kamu akan melihat kamera menunjuk ke 15 detik. kamu dapat mengkliknya untuk meningkatkannya menjadi 60 detik. 
  3. kamu dapat memilih "Balik" karena ini beralih antara kamera depan dan belakang untuk merekam. 
  4. Pilih "Kecepatan" untuk memperlambat atau mempercepat perekaman dari 03 hingga 3x. 
  5. Jika kamu ingin merekam handsfree, klik "Timer" dan pilih hitungan mundur yaitu 3 hingga 20 detik. 
  6. Pilih filter yang tepat untuk mencerahkan rekaman kamu. 
  7. Jika kamu menginginkan latar belakang yang menarik, pilih opsi "Layar Hijau" untuk mengganti latar belakang dengan gambar jika kamu mau. 
  8. Tekan merekam tombol untuk mulai merekam, dan tekan lagi untuk berhenti memotret. 
  9. Preview video pendek kamu dengan klik centang yang terletak di kanan bawah. kamu juga dapat memilih untuk menambahkan lebih banyak pengeditan dengan menambahkan filter, teks, dan musik. 
  10. Buat judul yang menarik dengan maksimal 100 karakter, perbaiki pengaturannya, jangan lupa tambahkan tagar #shorts, lalu upload.

Ketentuan YouTube Shorts

Untuk mengupload video pendek ke channel, kamu harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Timeline video untuk video pendek di Youtube Shorts harus kurang dari 60 detik. Ini bisa berupa satu video 60 detik terus menerus atau beberapa video 15 detik yang digabungkan.
  • Video harus vertikal.
  • Video kamu dapat menggunakan audio dari koleksi youtube atau video lain, tetapi hanya berdurasi hingga 15 detik.

Gunakan "kamera Youtube Shorts"

Cara Upload Video di YouTube Shorts

Kamera Shorts memiliki durasi video default 15 detik. Ini berarti bahwa kamera Shorts memungkinkan kamu merekam video hingga 15 detik. Timer bawaan adalah pengingat yang berguna untuk menjadi cepat. Namun, beberapa bidikan 15 detik dapat diulang dalam satu video berkelanjutan dengan maksimal 60 detik.

Kemudian kamu bisa menambahkan musik atau audio pilihan kamu, menerapkan slow motion jika kamu ingin membuat efek itu, mempercepat video, dan menggabungkan pesan dan teks yang menarik.

Ide untuk YouTube Shorts

Cara Upload Video di YouTube Shorts

Ini bisa tampak menakutkan karena kamu hanya memiliki 60 detik atau kurang untuk menyampaikan pesan merek kamu. Itu tidak banyak waktu untuk bermain dengan saat membuat Youtube Shorts. 

Membuat video pendek terkadang membutuhkan waktu lebih lama daripada konten yang panjang, karena tidak mudah untuk menyampaikan pesan yang cepat. Untuk membantu kamu, pastikan Youtube Shorts kamu hanya tentang satu ide sentral. Tetap sederhana dan jangan mempersulit pesan. Meskipun itu adalah video pendek, video kamu harus terlihat seperti keseluruhan cerita apakah kamu berniat membuat orang tertawa, mengajari mereka sesuatu yang baru, atau menginspirasi mereka. Pilih emosi yang ingin kamu mainkan dalam adegan. Simak pemikiran singkatnya di bawah ini:

  • Buat tutorial singkat produk merek kamu menjadi musik yang menyenangkan.
  • Yang suka traveling dan jalan-jalan, bisa juga kamu rekam.
  • Jika kamu hobi memasak, kamu juga bisa membagikan resep dan cara memasak.
  • Coba berikan masalah dan solusi cara mengatasinya.
  • Bagikan fakta menarik atau berita yang sedang viral.

Sebenarnya ide apa pun yang kamu putuskan untuk dikerjakan, itu harus cocok dalam 60 detik atau kurang. Ciptakan sesuatu yang unik yang layak dilihat, diingat, dan dibagikan. Yang terpenting, jangan gunakan film pendek sebagai cuplikan untuk video berdurasi lebih panjang di saluran utama kamu. Ini hanya akan menciptakan pengulangan. Sebagai gantinya, pastikan pemirsa kamu bisa mendapatkan sesuatu dari menonton klip pendek kamu. Berikan setiap Youtube Shorts arti kamu sendiri.

Tips untuk membuat Youtube Shorts yang menarik

Selain cara upload video di YouTube Shorts yang baik dan benar. ada banyak video menarik yang bersaing untuk menarik perhatian target audiens kamu. Jika kamu ingin Youtube Shorts kamu menonjol di tengah semua persaingan, buat konten yang ringkas, cepat, dan tampil beda dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

1. Buat judul yang menarik

Setiap film pendek membutuhkan judul yang pendek dan menarik. Klik dan tampilan yang tinggi dimulai dengan judul yang menarik dan menarik. Lagi pula, judul kamu memberi tahu pemirsa apa yang ada di film pendek. Sertakan #shorts untuk memudahkan identifikasi juga. Dan tahan keinginan untuk melakukan umpan klik karena ini dapat menjadi bumerang bagi kamu.

2. Tulis deskripsi video yang meyakinkan calon penonton

Deskripsi video yang meringkas video kamu dengan cara yang menarik dan menarik sangat bagus untuk retensi penonton. Ada beberapa orang yang akan membaca deskripsi video sebelum mereka memutuskan untuk menonton video lengkapnya. kamu dapat yakin bahwa video populer akan memiliki deskripsi video hebat yang menambahkan sesuatu yang sedikit ekstra ke video.

3. Manfaatkan fitur edit video pendek YouTube

Cara upload video di YouTube Shorts selanjutnya yaitu manfaatkan fitur seperti filter, teks, dan musik yang menarik bagi penonton. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk berupaya dalam konten Shorts kamu, konten kamu juga semakin baik.

Memiliki video pendek YouTube dengan gaya yang unik akan mengarahkan penonton dan pada akhirnya mereka akan menjadi subscriber setia kamu.

4. Gunakan thumbnail yang menarik

Selain halaman film pendek, pemirsa juga dapat menonton klip pendek kamu di feed mereka. Untuk alasan ini, kamu harus memiliki thumbnail khusus berkualitas tinggi untuk setiap video pendek. Gunakan thumbnail yang menarik klik untuk meningkatkan keterlibatan.

Youtube Shorts dikoordinasikan secara khusus untuk menjaga pengguliran tetap berjalan. Namun, kamu masih dapat menghubungkan pemirsa dengan merek kamu dengan memasukkan ajakan bertindak yang kuat. Letakkan CTA ini di komentar dan sematkan di atas untuk akses mudah.

5. Promosikan channel kamu

Promosikan film pendek kamu dengan menempatkannya sebagai sorotan cerita kamu. Jangan lupa untuk meminta penonton dalam cerita untuk subscribe dan tekan tombol notifikasi di channel kamu. kamu juga dapat mendorong mereka untuk meninggalkan komentar untuk dibagikan lebih lanjut.

6. Konsisten upload video

Konsistensi adalah kunci dengan Youtube Shorts, sama seperti dengan platform media sosial lainnya. Memposting hanya satu foto pendek per bulan tidak mungkin menghasilkan hasil yang diinginkan. Sebagai gantinya, buat jadwal mingguan dan terapkan. Frekuensi tergantung pada tujuan kamu secara keseluruhan. Selain itu, pastikan kualitas konten kamu selalu konsisten.

Tidak kata terlambat untuk mulai membuat video di Youtube Shorts!

Untuk mempelajari cara upload video di YouTube Shorts adalah dengan mulai berkarya. Buat beberapa video percobaan dan pahami alur kerjanya. Saat kamu siap, kamu dapat membuat Youtube Shorts pertama yang akan kamu bagikan secara publik kepada dunia. Selamat mencoba!

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld