Cari Tahu Definisi dan Kelebihan Set Top Box Sebelum Kamu Membelinya

Jika kita berbicara mengenai salah satu kelebihan set top box, maka sudah pasti akan menjadikan kualitas tampilan siaran televisi menjadi bersih.

Jika kita berbicara mengenai salah satu kelebihan set top box, maka sudah pasti akan menjadikan kualitas tampilan siaran televisi menjadi lebih HD (High Definition), tajam dan jelas. Lebih dari pada itu, pemakaian set top box ini ternyata menawarkan banyak sekali kelebihan yang mungkin saja tidak kamu ketahui selama ini. Jadi, sebelum kamu benar-benar membeli set top box di pasaran, ada baiknya untuk menyimak beberapa kelebihan yang ditawarkan set top box di bawah ini.

Mengenal Definisi dan Kelebihan Set Top Box

Set top box atau sering kali dikenal dengan istilah STB ini umumnya merupakan suatu alat yang berisikan perangkat dekoder yang berguna untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Dengan alat set top box ini, maka kita tidak harus mengganti TV lama dengan TV baru yang mampu menangkap siaran TV digital. Sehingga, hal inilah yang menjadikan kita lebih menghemat budget pengeluaran dibandingkan harus membeli TV baru.

Sementara itu jika kita lihat secara fisik, alat ini berbentuk kotak berwarna hitam dan biasanya akan dihubungkan dengan TV dan antena menggunakan kabel. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menyambungkan seluruh kelengkapan STB di antara TV lama dengan antena UHF / VHF saja. Dengan begitu, maka kita bisa langsung menikmati siaran TV digital dengan gambar dan suara yang pastinya lebih berkualitas dibandingkan ketika menggunakan siaran TV analog.

Apa Saja Kelebihan Set Top Box?

Banyaknya orang yang memutuskan untuk menggunakan set top box, tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan karena ada sisi kelebihan yang ditawarkan di dalamnya. Beberapa kelebihan yang ditawarkan dari set top box bagi para penggunanya antara lain yakni sebagai berikut.

1. Menjadikan Tampilan TV Terlihat Lebih Jernih

Salah satu kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan set top box ini yakni menjadikan tampilan TV terlihat lebih jernih, tajam dan jelas seperti kualitas HD. Bahkan dari beberapa ulasan pengguna yang sudah menggunakan alat ini mengklaim, bahwa penggunaan set top box ini sangat membantu mereka dalam menonton siaran TV dengan kualitas gambar lebih baik dari sebelumnya. Hanya perlu menggunakan set top box, maka TV tabung pun sekarang bisa menghasilkan kualitas tampilan siaran TV layaknya TV digital.

2. Menyediakan Saluran TV Lebih Banyak

Bukan hanya dari segi tampilan siaran TV yang lebih jernih, penggunaan set top box sendiri juga memberikan kelebihan dari segi banyaknya saluran TV yang ditawarkan. Apabila sebelum menggunakan set top box kamu hanya memiliki beberapa saluran TV saja, maka setelah pemasangan set top box kamu akan menemukan banyak sekali saluran TV yang sebelumnya tidak terdeteksi. Bisa dikatakan, bahwa jumlah saluran TV yang disediakan ini terbilang cukup banyak yakni bisa 2 sampai 3 kali lipat dari jumlah saluran yang dimiliki sebelumnya.

3. Pengguna Tidak Perlu Khawatir Kehilangan Siaran TV

Dengan menggunakan alat set top box ini, maka adanya pemutusan saluran TV analog yang diinformasikan oleh pihak Kominfo melalui berbagai media tidak akan membuat pengguna merasa khawatir lagi kehilangan siaran TV. Cukup dengan membeli set top box di pasaran, baik secara offline ataupun online maka kamu sudah bisa melihat siaran TV digital dengan mudah. Kendati demikian, pastikan membeli produk set top box berkualitas agar kamu tidak mengalami kerugian dalam penggunaannya.

Akhir Kata

Dengan melihat informasi mengenai definisi dan kelebihan set top box di atas, apakah kamu masih ragu untuk menggunakan alat ini demi memudahkan menonton siaran TV digital di rumah?


Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld