Kenali Set Top Box Tanpa Internet Untuk TV Digital Berikut!

Set top box tanpa internet menjadi salah satu dari sekian banyaknya jenis set top box yang dijual di pasaran.

Kenali Set Top Box Tanpa Internet Untuk TV Digital Berikut!

Set top box tanpa internet menjadi salah satu dari sekian banyaknya jenis set top box yang dijual di pasaran. Bahkan menurut kabar yang beredar, pihak Kominfo turut membagikan set top box ini secara gratis bagi kalangan masyarakat kurang mampu. Meskipun dikatakan sebagai jenis dekoder yang paling sederhana, akan tetapi siapa sangka jika produk ini memiliki fitur yang tidak kalah canggih dengan jenis set top box lainnya.

Lantas, seperti apakah spesifikasi dari set top box yang satu ini? Dan bagaimanakah menu pengaturan yang ada di dalamnya? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, maka bisa simak ulasan lebih detailnya di artikel berikut.

Sekilas Tentang Set Top Box Tanpa Internet

Kenali Set Top Box Tanpa Internet Untuk TV Digital Berikut!

Seperti yang sudah tadi kita bahas di awal, bahwa set top box tanpa adanya internet atau juga dikenal dengan set top box terestrial (DVB T2) ini merupakan jenis dekoder yang paling sederhana. Dalam penggunaannya, disini kita hanya perlu menggunakan antena biasa yang mampu menangkap sinyal TV analog seperti UHF / VHF saja. Setelah itu, tinggal menyambungkan alat set top box ini di sambungan antara antena dan perangkat TV sehingga nantinya akan tampil berbagai channel dan siaran yang disajikan oleh layanan siaran TV digital.

Jika melihat dari segi harga produknya sendiri, set top box ini terbilang cukup terjangkau dengan kualitas yang pastinya tidak kalah saing dengan merk set top box lain yang sudah teruji. Akan tetapi karena tipe dari set top box ini sederhana, maka tidak ada fitur OS Android di dalamnya. Sehingga dari segi fungsinya hanya bisa digunakan untuk dapat menangkap siaran TV digital saja dan tidak bisa mengubah TV menjadi Smart TV.

Bagaimana Menu Pengaturan Set Top Box?

Secara umum, mengenai menu pengaturan di berbagai jenis set top box semuanya hampir dikatakan sama. Beberapa menu pengaturan yang terdapat di dalam alat ini yakni sebagai berikut.

1. Pengaturan Bahasa Set Top Box

Di menu pengaturan ini, pengguna dapat memilih berbagai bahasa tatap muka apa yang bakal digunakan, bahasa untuk sub judul dan bahasa dalam suara acara.

2. Pengaturan Keluaran Video

Untuk menu pengaturan keluaran video, pengguna bisa mengatur video yang dikeluarkan set top box sesuai dengan rasio TV. Sebagai contoh ketika TV yang kamu miliki memiliki ratio 16.9, akan tetapi siaran yang diterima set top box 4.3, maka kita bisa mengatur siaran 4.3 menjadi seolah-olah 16.9 dengan pengaturan pillar box. Dan begitu sebaliknya dari rasio 16.9 menjadi 4.3 dengan pengaturan letterbox / pan scan. 

3. Pengaturan Penerimaan Satelit Pada Set Top Box Satelit

Menu pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur pengaturan LNB (Low Noise Block) serta berapa kisaran frekuensi yang bisa diterima LNB.

4. Pengaturan Entry Point Satelit Pada Set Top Box Satelit

Set top box tanpa internet memungkinkan pengguna agar bisa memilih sendiri transponder mana untuk dapat menerima sinyal. Termasuk dalam pengaturan frekuensi, polaritas dan juga simbol rate.

5. Pengunci Sinyal

Beralih ke menu pengaturan pengunci sinyal, kita bisa melihat seberapa kuat sinyal maupun kualitas sinyal yang diterima LNB. Khususnya pada set top box terrestrial dan juga satelit.

6. Diagnosa

Yang terakhir, ada menu diagnose yang mana dibuat secara khusus untuk memberikan informasi mengenai nomor ID kartu akses, versi perangkat lunak, model, nomor ID perangkat dan juga informasi penting lainnya tentang perangkat.

Akhir Kata

Jadi, itulah kira-kira pengenalan set top box tanpa internet yang bisa Anda ketahui dan pahami beserta dengan menu pengaturan yang ada di dalamnya. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu ya!

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld