Simak Cara Kerja dan Keunggulan Set Top Box!

Pada dasarnya, cara kerja dari set top box sendiri terbagi menjadi dua, yakni pada perangkat keras dan perangkat lunak
Simak Cara Kerja dan Keunggulan Set Top Box!

Mengetahui cara kerja dan keunggulan set top box (STB), umumnya menjadi hal penting yang dilakukan seseorang sebelum memutuskan untuk membeli alat ini di pasaran. Sebab dengan informasi ini, kita akan lebih mudah dalam mengambil keputusan apakah akan membeli set top box atau justru memilih membeli perangkat TV baru untuk dapat menonton siaran TV digital. Oleh karena itu, bagi Anda yang butuh informasi soal cara kerja dan keunggulan dari set top box bisa menyimak ulasan lengkapnya di artikel berikut.

Bagaimana Cara Kerja Alat Set Top Box?

Pada dasarnya, cara kerja dari set top box sendiri terbagi menjadi dua, yakni pada perangkat keras dan perangkat lunak. Agar supaya Anda lebih paham, maka bisa simak penjelasan dari masing-masing perangkat di bawah ini.

1. Perangkat Keras/Hardware

Bisa dikatakan, bahwa untuk cara kerja set top box sendiri hampir mirip dengan sinyal televisi biasa pada TV analog. Disini, dekoder berguna mengubah sinyal digital dari satelit, kabel maupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan pada layar TV analog. Adapun dalam penggunaannya, dekoder memerlukan kartu akses dari penyedia layanan TV yang bersangkutan agar nantinya bisa menyaring saluran televisi dan disesuaikan dengan tayangan yang dibayar penonton.

Selain itu, STB ini juga turut dilengkapi dengan prosesor mikro, memori RAM, chip decoder MPEG2 dan MPEG4 dan beberapa chip lain untuk memudahkan dalam pemrosesan data visual maupun data audio. Untuk jenis dekoder keluaran Standard Definition (SD) biasanya menggunakan kabel video SCART atau kabel S Video sebagai UHF sinyal. Sedangkan untuk jenis dekoder High Definition (HD) biasanya menggunakan kabel HDMI untuk suara dan video.

2. Perangkat Lunak/Software

Tidak hanya perangkat keras, set top box juga bekerja dengan memanfaatkan sebuah perangkat lunak. Dimana, perangkat lunak di dalam set top box ini berguna untuk mengatur beberapa setelah khusus. Di antaranya yakni seperti pengaturan bahasa, pengaturan penerimaan sinyal televisi, pengaturan gambar dan lain-lain.

Apa Saja Keunggulan Set Top Box? 

Jika tadi sudah membahas mengenai cara kerja set top box, maka kini saatnya kita membahas mengenai keunggulan dari alat ini. Beberapa keunggulan penggunaan set top box yakni sebagai berikut.

1. Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan harus membeli TV digital yang baru, membeli set top box jauh lebih terjangkau. Dengan modal kisaran Rp 300 ribuan saja, Anda sudah bisa mendapatkan set top box dengan merek bagus dan kualitas unggulan di pasaran.

2. Tidak Perlu Antena Parabola Khusus

Keunggulan menggunakan set top box yakni Anda tidak perlu menggunakan antena parabola khusus. Sebab, penggunaan set top box disini hanya perlu memanfaatkan antena televisi UHF – VHF agar dapat menghasilkan gambar yang sangat jernih.

3. Tersedia Channel Beragam

Dengan set top box, maka sudah pasti Anda akan memiliki channel siaran televisi yang beragam dengan tampilan jernih. Sehingga, Anda nantinya bisa dengan mudah menikmati berbagai channel siaran televisi sehari-hari.

4. Dapat Membaca Format Video

Tidak banyak yang tahu, bahwa penggunaan set top box ini ternyata juga memungkinkan pengguna untuk dapat membaca format. Dengan demikian, maka Anda bisa menonton video yang dimiliki pada layar TV dengan cukup mencolokkan kabel USB yang berisi video yang ingin ditonton pada set top box.

5. Tidak Perlu Berlangganan

Apabila menggunakan TV kabel atau parabola harus membayar biaya langganan setiap bulan untuk membuat siaran jauh lebih jernih dan mendapatkan banyak channel, hal ini jauh berbeda dengan set top box. Disini, Anda hanya perlu membeli set top box sekali saja, maka tidak perlu harus berlangganan setiap bulan untuk mendapatkan fasilitas yang ditawarkan.

Akhir Kata

Itulah tadi sekilas informasi penting yang bisa Anda peroleh mengenai cara kerja dan keunggulan set top box sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk di pasaran.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld