Sedang Viral, 8 Aplikasi Ubah Foto Jadi Kartun Online Gratis

Terdapat beberapa aplikasi gratis yang dapat membantu kamu mengedit foto menjadi anime. Setiap aplikasi memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda.
Sedang Viral, 8 Aplikasi Ubah Foto Jadi Kartun Online Gratis

Dalam beberapa waktu terakhir, media sosial sedang ramai dengan tren ubah foto jadi kartun online. Beberapa orang membagikannya di Twitter, Instagram, dan WhatsApp. Editan foto ini dapat mengubah wajah seseorang menjadi mirip karakter anime. Ini bisa dilakukan untuk siapa saja, baik pria maupun wanita. Editan foto juga akan disesuaikan dengan warna baju yang dikenakan, tempat, dan suasana di sekitar kamu. Bagi penggemar anime, tentu tren ini sangat menyenangkan. Jika kamu ingin mencoba edit foto wajah menjadi anime, tidak perlu khawatir karena ada tutorial yang mudah untuk dilakukan. Untuk mengetahui caranya, simak artikel berikut ini.

Cara Edit Foto Jadi Anime

Berikut adalah 8 aplikasi gratis untuk mengubah foto menjadi anime beserta langkah mudah untuk menggunakannya:

1. Cara Edit Foto Anime di Ibis Paint X

Buka aplikasi ini. Gunakan fitur 'filter'. Kemudian pilih 'latar belakang anime' atau 'latar belakang manga'. Terakhir, kamu bisa menyesuaikan kecerahan, kontras, dan lainnya.

2. Cara Edit Foto Anime di Mokoroom

Buka aplikasi atau instal aplikasinya terlebih dahulu. Pilih desain cartoon yang ingin dibuat dengan gulir ke bawah atau cari menu desain lainnya dengan mengeser ke kanan pada menu bagian atas. Pilih foto yang akan diedit. Klik lihat iklan jika desain yang digunakan adalah premium agar bisa menggunakan desain tersebut. Tunggu proses loading. Simpan dan bagikan hasil foto yang sudah diedit.

3. Cara Edit Foto jadi Anime di Meitu

Buka aplikasi Meitu. Cari dan klik "Tools" yang terletak di tengah layar di antara menu riasan, bentuk baru, pelangsing, dan semua. Pilih dan klik "ArtBot" atau "Hand-drawn", atau "dimensional Camera" karena ketiga menu tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu mengubah foto menjadi anime. Klik "cobalah sekarang" kemudian klik "pilih dari album". Pilih dan klik foto yang ingin dirubah menjadi anime. Jangan lupa foto harus tampak jelas wajahnya dan tidak tertutup apapun, bahkan jari yang menyangga wajah pun harus dihilangkan. Tunggu proses. Pilih jenis category anime di bagian bawah, kemudian akan muncul pilihan lagi model anime. Pilih yang sesuai keinginan. Klik simpan di pojok kanan atas dan tunggu prosesnya. Bagikan foto kamu ke media sosial.

4. Cara Edit Foto jadi Anime di Comica

Instal aplikasi Comica. Buka aplikasi kemudian klik gallery. Pilih foto yang ingin diedit. Klik cartoon pada menu bagian bawah. Klik simbol setting yang terletak tepat di atas cartoon kemudian atur desain foto sesuai selera. Klik tanda centang. Beri balon kata dengan mengklik text atau sticker kemudian tuliskan kata di menu papan tulis. Jika terlalu panjang, klik enter agar terpotong ke bawah. Klik save di pojok kanan atas.

5. Cara Edit Foto Anime di ToonApp

Unduh dan instal aplikasi ToonApp. Buka aplikasi tersebut. Pilih foto yang ingin diedit, kemudian klik oke. Tunggu proses pengeditannya. Pilih desain background di menu pilihan bagian bawah. Klik aplikasikan di pojok kanan atas. Kemudian, klik simpan di pojok kiri bawah.

6. Aplikasi foto Anime Faceplay

Aplikasi Faceplay menyediakan fitur khusus untuk mengedit foto menjadi anime. Berikut tata caranya yang bisa kamu ikuti:

  1. Unduh aplikasi Faceplay di Google PlayStore dan Appstore.
  2. Buka aplikasi Faceplay dan login ke akun media sosial kamu.
  3. Buka menu “Comics” untuk mengedit foto kamu agar mirip seperti anime. Kemudian, pilih opsi “Free to Use”.
  4. Pilih foto dari galeri kamu untuk mengeditnya menjadi anime.
  5. Klik opsi “Face Recognition”. Tunggu sampai proses editing selesai. Kemudian, simpan foto tersebut di galeri.

7. Cara Edit Foto Anime di CapCut

Selain Faceplay, kamu juga bisa mengedit foto menjadi anime di Capcut. Berikut tata caranya yang bisa diikuti:

  1. Buka aplikasi CapCut di HP kamu. Jika belum memilikinya, unduh terlebih dahulu di Playstore atau Appstore.
  2. Login menggunakan Email atau akun media sosial kamu.
  3. Klik menu “Proyek Baru” atau ikon bergambar.
  4. Pilih foto yang hendak diedit menjadi anime dari galeri HP kamu dan klik Tambah.
  5. Klik fitur “Gaya” yang berada di bagian bawah layar.
  6. Klik opsi Anime.
  7. Pilih filter anime yang sesuai dengan selera kamu.
  8. Tunggu hingga proses edit selesai. Jika sudah, kamu bisa mengunduh dan menyimpannya ke galeri.

8. Aplikasi foto Anime Avatoon

Berikut tutorial cara edit foto wajah jadi anime via aplikasi Avatoon selengkapnya yang bisa kamu ikuti:

  1. Unduh aplikasi Avatoon.
  2. Buka aplikasi.
  3. Klik Next ke menu Utama.
  4. Pilih Gender.
  5. Klik Facial Recognition.
  6. Tunggu proses editing berlangsung.
  7. Karakter anime kartun dari foto sudah selesai.

Tips Edit Foto Jadi Anime

Beberapa tips agar hasil edit foto menjadi anime bagus adalah:

  • Gunakan foto yang memiliki resolusi tinggi. Ini akan membantu menghasilkan hasil yang lebih jelas dan terlihat lebih bagus.
  • Pilih filter atau desain yang sesuai dengan selera kamu. Jangan terlalu banyak menggunakan efek yang tidak perlu karena ini dapat mengganggu hasil akhir.
  • Atur kecerahan dan kontras sesuai kebutuhan. Ini akan membantu menghasilkan hasil yang lebih natural dan tidak terlalu terang atau terlalu gelap.
  • Gunakan foto yang memperlihatkan wajah dengan jelas. Ini akan membantu menghasilkan hasil yang lebih tepat dan terlihat lebih bagus.
  • Jangan lupa untuk simpan hasil edit kamu ke galeri sebelum membagikannya ke media sosial. Ini akan memudahkan kamu untuk membagikan foto tersebut kembali di kemudian hari.

Kesimpulan

Terdapat beberapa aplikasi gratis yang dapat membantu kamu mengedit foto menjadi anime. Setiap aplikasi memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda, namun umumnya memiliki tahap yang sama yaitu membuka aplikasi, memilih foto yang akan diedit, memilih filter atau desain anime yang diinginkan, dan menunggu proses pengeditan selesai. Tips agar hasil edit foto menjadi anime bagus adalah dengan menggunakan foto yang memiliki resolusi tinggi, memilih filter atau desain yang sesuai dengan selera, menyesuaikan kecerahan dan kontras sesuai kebutuhan, menggunakan foto yang memperlihatkan wajah dengan jelas, dan menyimpan hasil edit sebelum membagikannya ke media sosial.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld