Reels Instagram Berapa Menit, Bisa Unggah Video Panjang?

Durasi reels Instagram mulai dari 15 detik, kemudian ditingkatkan menjadi 30 detik, dan sekarang telah mencapai 90 detik.
Reels Instagram Berapa Menit, Bisa Unggah Video Panjang?

Salah satu menu baru yang diluncurkan oleh Instagram adalah Instagram Reels, yang dianggap sebagai saingan bagi TikTok. Yang sering menjadi pertanyaan para pengguna baru di Instagram adalah reels Instagram berapa menit? Awalnya, Instagram Reels hanya memiliki durasi 15 detik, tapi kemudian diperbarui menjadi 30 detik. Sekarang, Instagram Reels bisa mencapai 60 detik. Kamu bisa mengakses fitur Instagram Reels dengan cara membuka aplikasi Instagram di ponsel kamu dan memilih opsi Length di sebelah kiri layar untuk memilih durasi 15 detik, 30 detik, atau 60 detik.

Apakah Reels Bisa Lebih Dari 1 Menit?

Meta mengumumkan bahwa durasi Instagram Reels pada Juni 2022 adalah 90 detik. Sebelumnya, fitur video singkat Instagram hanya memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten selama 60 detik saja. Bertambahnya durasi Instagram Reels secara tidak langsung membuatnya semakin mirip dengan TikTok, yang saat ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten video hingga 10 menit. Durasi Instagram Reels yang bertambah juga memungkinkan pengguna untuk mengimpor audio dengan durasi minimal lima detik yang akan disimpan di akun pengguna dan bisa digunakan saat mengunggah konten baru. Fitur terbaru dalam Instagram Reels, termasuk durasi yang lebih lama, tersedia di versi aplikasi 237.0.0.14.102.

Cara Membuat Reels Instagram Dengan Mudah

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat Instagram Reels, kamu bisa menggunakan fitur yang tersedia di media sosial tersebut. Kamu bisa membuat reels dengan berbagai durasi. Inilah cara membuat Instagram Reels:

  1. Buka aplikasi Instagram yang sudah terunduh di smartphone kamu.
  2. Geser ke bagian kanan layar seperti ketika membuka kamera untuk Instagram stories.
  3. Jangan lupa untuk memilih fitur Instagram Reels yang terletak di sebelah kiri sesuai keinginanmu.
  4. Jika ingin merekam video, klik tombol kamera di bagian tengah dan kamu akan bisa melihat durasi yang berjalan selama 15 detik.
  5. Jika ingin merekam secara handsfree, kamu bisa menekan tombol "Timer" dan memilih durasi reels.
  6. Setelah itu, pilih "Set Timer".
  7. Jika sudah selesai merekam, klik tombol yang memiliki logo ">" untuk melanjutkan proses mengedit video.
  8. Kamu bisa menambahkan efek dan musik dengan mengklik ikon di bagian atas.
  9. Kemudian, klik "Next" jika sudah selesai mengedit.
  10. Tuliskan caption yang ingin kamu tulis dan klik "Upload".

Cara di atas juga bisa kamu gunakan jika ingin membuat Instagram Reels 60 detik. Jika sudah selesai diupload dan sudah ditonton oleh follower, mereka akan bisa melihat Instagram Reelsmu selama 60 detik atau sesuai dengan durasi video yang kamu buat.

6 Ide Konten Instagram Reels

Instagram Reels merupakan fitur baru yang mengizinkan pengguna untuk membuat konten video singkat yang dapat ditonton oleh followers mereka. Dengan adanya Instagram Reels, kita dapat menyajikan konten yang lebih menarik dan interaktif kepada pengguna IG. Berikut ini adalah beberapa ide konten reels yang dapat digunakan:

Behind-The-Scenes

Salah satu jenis konten Instagram Reels yang pasti akan mendapat perhatian adalah Behind-The-Scenes (BTS). Konten BTS akan menampilkan kegiatan di balik layar suatu perusahaan, yang dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Contohnya, merekam kegiatan pengemasan, pengiriman produk dari supplier, proses produksi, atau kegiatan sehari-hari pegawai bisa menjadi topik konten yang menghibur untuk dilihat.

Tips dan trik

Konten jenis ini banyak digemari karena bersifat edukatif dan interaktif. Kamu bisa membuat video tips dan trik yang masih relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Video tutorial

Konten Instagram Reels berupa video tutorial singkat dapat meningkatkan engagement di media sosial, seperti likes, comments, dan bahkan saves. Selain meningkatkan engagement, video tutorial juga dapat menghasilkan leads yang berpotensi menghasilkan transaksi.

Fakta mencengangkan

Salah satu konten Instagram Reels yang menyita perhatian banyak orang adalah fakta mencengangkan dari industri bisnis. Biasanya, fakta-fakta unik, menarik, dan yang belum diketahui oleh banyak orang akan meningkatkan engagement, terutama dalam hal "save" konten.

Video edukasi

Buatlah video yang edukatif yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan insight yang bermanfaat bagi para niche. Kamu bisa menyisipkan soft-selling dengan menunjukkan produk atau layanan yang dijual, sehingga produkmu terlihat sebagai solusi atas permasalahan mereka.

Before after

Konten yang menarik untuk dilihat dan menyita perhatian publik adalah before after. Konten jenis ini dapat meningkatkan engagement serta mendatangkan leads yang berpeluang besar untuk menghasilkan transaksi. Kamu bisa merekam keadaan atau kondisi sebelum dan sesudah pelanggan menggunakan produk atau layanan dari bisnismu.

Cara Reels IG Banyak yang Nonton

Untuk membuat reels Instagram yang banyak ditonton, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

Pilih konten yang menarik dan bermanfaat

Pastikan untuk memilih konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens, sehingga mereka akan merasa tergiur untuk menonton dan berinteraksi dengan reelsmu.

Gunakan hashtags yang populer

Dengan menggunakan hashtags yang populer, reelsmu akan lebih mudah ditemukan oleh orang yang sedang mencari konten sejenis.

Sertakan caption yang menarik

Tuliskan caption yang menarik dan menggugah minat penonton untuk menonton reelsmu.

Buat reels yang berkualitas

Pastikan untuk membuat reels yang berkualitas, baik dari segi videography maupun editing, agar orang tertarik untuk terus menonton.

Promosikan reelsmu melalui media sosial lain

Promosikan reelsmu melalui media sosial lain, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, agar lebih banyak orang yang mengetahui dan menonton reelsmu.

Kesimpulan

Dari semua artikel yang dibahas, dapat disimpulkan bahwa Instagram Reels merupakan fitur baru yang diluncurkan oleh Instagram yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten video singkat. Durasi reels Instagram mulai dari 15 detik, kemudian ditingkatkan menjadi 30 detik, dan sekarang telah mencapai 90 detik. Pengguna dapat membuat reels Instagram dengan mudah dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Selain itu, ada beberapa jenis konten yang dapat meningkatkan engagement dan mendatangkan leads bagi bisnis, seperti BTS, tips dan trik, video tutorial, fakta mencengangkan, video edukasi, before after, dan konten yang sedang ngetren. Untuk membuat reels Instagram yang banyak ditonton, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti memilih konten yang menarik dan bermanfaat, menggunakan hashtags yang populer, menyertakan caption yang menarik, dan mempromosikan reels di media sosial lainnya. Dengan memanfaatkan fitur Instagram Reels secara tepat, bisnis dapat meningkatkan brand awareness dan menarik pelanggan baru.

Baca Juga :
© jatsatria. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld